Selasa, 01 Des 2020 09:04 WIB

7 Kebiasaan Sederhana Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh Lawan COVID-19

Farah Nabila - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Virus Corona COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Jakarta -

Sepanjang tahun 2020 masyarakat di dunia dikhawatirkan dengan adanya COVID-19. Hingga saat ini belum ada tanda-tanda berakhirnya pandemi virus Corona. Untuk mencegah penularan tersebut, sejumlah upaya dilakukan seperti menjaga kebersihan dan menjalani gaya hidup yang sehat.

Ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pertahanan yang tangguh terhadap COVID-19. Beberapa kebiasaan sederhana yang dilakukan secara rutin dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh. Mulai dari berjemur, istirahat yang cukup, dan olahraga dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh untuk mencegah COVID-19.

Dikutip dari Eat This, beberapa kebiasaan sehat ini dapat meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan virus Corona.

1. Berjemur

Berjemur dibawah sinar matahari merupakan cara sederhana untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini karena sinar matahari menghasilkan vitamin D yang berasal dari sinar ultraviolet-B (UVB). Vitamin D dipercaya memberikan pengaruh baik terhadap sistem kekebalan tubuh.

Suatu uji coba terkontrol secara acak yang diterbitkan National Library of Medicine diikuti 340 anak sekolah Jepang selama empat bulan selama musim flu. Setengah dari peserta menerima 1.200 IU suplemen vitamin D sedangkan separuh lainnya menerima pil plasebo. Para peneliti menemukan bahwa tingkat flu pada kelompok vitamin D kira-kira 40 persenlebih rendah dibandingkan pada kelompok plasebo.

Meskipun Anda bisa mendapatkan vitamin D dari makanan, para ahli tetap merekomendasikan cara terbaik untuk meningkatkan kadar vitamin tersebut adalah dengan mendapatkan sinar matahari secara langsung.

2. Tidur lebih dari tujuh jam

Tidur lebih dari tujuh jam semalam dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menurunkan kekuatan sistem kekebalan tubuh secara signifikan.

Sejumlah peneliti tentang tidur di Universitas California - San Francisco, Universitas Carnegie Mellon, dan Pusat Medis Universitas Pittsburgh menguji teori ini dengan memaparkan 164 sukarelawan ke virus flu melalui obat tetes hidung sambil memantau tidur mereka dan mengevaluasi kebiasaan kesehatan mereka.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan partisipan yang tidur kurang dari lima jam lebih mungkin terkena flu dibandingkan mereka yang rutin tidur tujuh jam semalam. "Tidak tidur pada dasarnya dapat memengaruhi kesehatan fisik Anda," kata Aric Prather, PhD, asisten profesor psikiatri di UCSF dan penulis studi tersebut.

3. Rutin minum air putih

Minum air putih setiap hari memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Rutin minum air putih bermanfaat agar tubuh tetap terhidrasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tubuh yang terhidrasi sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini karena air membantu mengeluarkan semua racun yang ada di dalam tubuh.

4. Rajin mencuci tangan

Mencuci tangan merupakan salah satu tindakan pencegahan penularan virus Corona. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setidaknya selama 20 detik adalah cara terbaik untuk membunuh kuman.

Selain mencuci tangan, penggunaan hand sanitizer juga dianjurkan setelah kita menyentuh benda. Kita menyentuh banyak permukaan yang mengandung bermacam-macam kuman. Suatu penelitian menemukan bahwa orang dapat menyentuh wajah mereka dengan tangan sekitar 23 kali per jam.

Jika kita tidak menjaga kebersihan tangan virus dan kuman akan dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Imunitas Tiap Orang Berbeda, Perhatikan Faktor yang Memengaruhinya"
[Gambas:Video 20detik]