Selasa, 01 Des 2020 14:59 WIB

Anies Baswedan dan Deretan Pejabat di Indonesia yang Tertular COVID-19

Ayunda Septiani - detikHealth
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memenuhi undangan Polda Metro Jaya untuk klarifikasi soal kerumunan di acara Habib Rizieq Shihab, Selasa (17/11/2020). Anies Baswedan positif Corona (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Anies Baswedan menambah daftar panjang deretan pejabat yang positif COVID-19. Anies dinyatakan positif Corona tanpa gejala.

Anies Baswedan juga meminta kepada pihak yang melakukan interaksi dengan dirinya untuk melakukan swab test. Hal itu dilakukan untuk melakukan tracing COVID-19.

"Bagi siapa pun yang pernah bertemu saya dalam beberapa hari terakhir, bisa kontak ke puskesmas terdekat untuk menjalani swab test. Tentu tim tracing dari Dinkes juga akan mendata dan menghubungi kontak erat saya. Seluruh prosedur terkait akan dijalankan," katanya.

Bukan hanya Anies, beberapa pejabat di Indonesia juga pernah terinfeksi Corona. Berikut rangkuman detikcom.

1. Menteri Agama Fachrul Razi

Baru-baru ini, Menteri Agama Fachrul Razi terkonfirmasi positif COVID-19. Kondisi fisik Menag Fachrul Razi dilaporkan baik. Saat ini dikabarkan Menag Fachrul Razi tengah menjalani isolasi mandiri.

"Pada 17 September, Menag melakukan tes swab dan hasilnya positif. Namun alhamdulillah kondisi fisik beliau hingga saat ini terpantau baik, tidak ada gejala-gejala mengkhawatirkan," terang Staf Khusus Menteri Agama, Kevin Haikal, dalam keterangannya, Senin (21/9/2020).

Jubir Kementerian Agama, Oman Fathurahman, menambahkan Menag sementara ini akan berfokus menjalani proses isolasi dan pemulihan kesehatan.

2. Menteri KKP Edhy Prabowo

Pada awal September, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dikabarkan positif COVID-19. Kondisi kesehatan Menteri Edhy kemudian disampaikan oleh Elite Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

"Bahwa benar yang bersangkutan Saudara Edhy Prabowo terkena COVID-19. Saudara Edhy Prabowo pertama-tama ditangani oleh RS Polri Kramat Jati dan lalu kemudian dipindahkan ke RS AD atau RSPAD," kata Dasco dalam keterangannya, Rabu (16/9/2020).

Saat ini disebutkan berdasarkan hasil swab, Menteri Edhy dinyatakan telah negatif COVID-19 dan dalam keadaan baik.

3. Menteri Perhubungan Budi Karya

(Menhub) Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terinfeksi virus Corona (COVID-19) pada 14 Maret lalu. Sebelumnya, Budi Karya dikabarkan mengalami sakit tifus. Budi mengalami tifus setelah melakukan rangkaian kunjungan kerja.

Kabar Menhub positif Corona kala itu disampaikan Mensesneg Pratikno dalam konferensi pers di gedung Sekretariat Negara. "Atas izin keluarga yang disampaikan oleh Pak Kepala Rumah Sakit Gatot Soebroto tadi adalah Pak Budi Karya, Pak Menhub. Ini kami sampaikan atas izin keluarga," kata Pratikno.

Setelah dirawat di RSPAD, pada 27 April, Menhub Budi Karya dinyatakan sembuh setelah hasil swab negatif dua kali berturut-turut.

4. Wagub DKI Ahmad Riza

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria terkonfirmasi positif virus Corona (COVID-19) setelah menjalani hasil tes swab PCR yang dilakukan Dinas Kesehatan DKI Jakarta pada Jumat (27/11/2020). Kondisi Riza saat ini dalam kondisi baik dan tengah menjalani isolasi mandiri.

"Kondisi saya tetap dalam keadaan terkendali. Baik staf dan seluruh anggota keluarga saya juga sudah menjalani tes usap. Prosedur kesehatan yang telah ditetapkan WHO, bagi setiap pasien terkonfirmasi positif COVID-19 wajib melakukan isolasi mandiri dan tetap dalam pengawasan tenaga kesehatan, baik di tingkat puskesmas hingga rumah sakit," kata Riza dalam keterangan resminya, Minggu (29/11/2020).

Berdasarkan hasil dari penelusuran kontak Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Riza diduga terkonfirmasi positif COVID-19 setelah tertular dari salah seorang staf yang sebelumnya tertular dari lingkungan keluarga.

"Jadi temuan positif COVID-19 ini adalah dari lingkungan pekerjaan, di mana ada staf saya yang tertular dari klaster keluarganya. Ini tentu menjadi perhatian kita semua untuk menjaga kedisiplinan protokol kesehatan hingga di dalam keluarga sekalipun," kata Riza.

5. Wali Kota Bogor Bima Arya

Bima Arya Sugiarto merupakan salah satu kepala daerah yang pertama dinyatakan positif COVID-19. Bima Arya dinyatakan positif setelah pulang dari lawatannya ke Turki pada Maret 2020. Ia menduga tertular COVID-19 dalam perjalanan pulang di pesawat dari Turki ke Indonesia.

"Jadi kesimpulannya kayaknya tidak di Turki. Kalau ditarik mundur, sepertinya tertular di pesawat pas pulang," kata Bima Arya,Sabtu (13/6/2020).

6. Bupati Kepri Isdianto dan Wakil Wali Kota Solo

Kabar positifnya Gubernur Kepulauan Riau Isdianto dan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo juga sempat membuat heboh karena keduanya diketahui bertemu Presiden Joko Widodo beberapa hari sebelum dinyatakan terjangkit COVID-19.

Purnomo dinyatakan positif COVID-19 setelah mengikuti swab test pada Sabtu (18/7/2020). Dua hari setelah bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, Purnomo mengklaim saat itu dipanggil Kepala Negara untuk membahas pencalonan Gibran Rakabuming Raka, anak Jokowi, sebagai calon Wali Kota Solo.

"Tadi saya di Istana Negara diberi tahu oleh Pak Jokowi kalau yang dapat rekomendasi Gibran sama Teguh (Gi-Guh). Bukannya Pu-Guh, tapi Gi-Guh," kata Purnomo saat dihubungi wartawan, Kamis (16/7/2020).

7. Pimpinan DPR Sufmi Dasco Ahmad

Pimpinan DPR, Sufmi Dasco Ahmad, ternyata sempat terinfeksi virus Corona COVID-19. Informasi ini diungkap oleh salah satu anggota Komisi III DPR dari Gerindra, Habiburokhman.

"Merinding dengar testimoni Bang Dasco ternyata bulan lalu sempat positif COVID dan isolasi mandiri tanpa cerita ke kawan-kawan DPR," kata Habiburokhman di Twitter-nya, Kamis (16/4/2020). Habiburokhman telah mengizinkan tweet-nya dikutip.

Habiburokhman menyebut Dasco tak pernah memberi tahu koleganya bahwa dia terinfeksi Corona. Malah, katanya, Dasco tetap fokus membantu warga sambil menjalani isolasi mandiri.

"Dia nggak cerita ke kita-kita," sebut Habiburokhman.

Habiburokhman bersyukur Dasco kini sudah sembuh. Dasco diketahui saat ini menjadi Ketua Satgas Lawan COVID-19 DPR RI.



Simak Video "Positif Covid-19, Anies Baswedan: Kondisi Saya Baik, Tak Ada Gejala"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)