Anies Negatif Saat Swab Antigen Lalu Positif Saat PCR, Bedanya Apa Sih?

ADVERTISEMENT

Anies Negatif Saat Swab Antigen Lalu Positif Saat PCR, Bedanya Apa Sih?

Farah Nabila - detikHealth
Selasa, 01 Des 2020 22:21 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memenuhi undangan Polda Metro Jaya untuk klarifikasi soal kerumunan di acara Habib Rizieq Shihab, Selasa (17/11/2020).
Anies Baswedan positif COVID-19 (Foto: Rengga Sancaya)

Beda swab antigen dengan rapid test

Meskipun hasilnya sama-sama dinyatakan sebagai reaktif dan non reaktif, proses pembacaan hasil pada kedua tes COVID-19 baik swab antigen dan rapid test memakan waktu berbeda.

Hasil rapid test keluar dalam waktu 15 menit, sementara swab antigen baru bisa menunjukkan hasil setidaknya 30 menit usai dites.

Sampel yang digunakan pun berbeda, swab antigen mengambil sampel pada hidung dan tenggorokan sama seperti RT PCR, sementara rapid test mengambil darah pasien.

Tes COVID-19 swab antigen baik diperiksa saat minggu pertama usai timbul gejala. Sementara rapid test lebih baik digunakan saat minggu kedua usai timbul gejala atau lebih dari 7 hari.

"Perbandingan akurasi rapid antigen dan rapid antibody tidak dapat dibandingkan karena time frame penggunaannya berbeda antara rapid antigen dan rapid antibody. Pada minggu pertama lebih sensitif dan akurat test rapid antigen dibandingkan antibodi untuk menunjukkan seseorang terkena COVID-19 atau tidak," pungkasnya.



Simak Video "Pemprov DKI Ubah Nama Rumah Sakit Jadi 'Rumah Sehat untuk Jakarta'"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT