Rabu, 02 Des 2020 16:27 WIB

Fakta-fakta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Terpapar COVID-19

Rosmha Widiyani - detikHealth
Foto Top 5 Foto: Istimewa/Fakta-fakta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Terpapar COVID-19
Jakarta -

Kabar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terpapar COVID-19 disampaikan pada Selasa (1/12/2020) lalu. Sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dinyatakan positif COVID-19

Anies Baswedan mengunggah video penjelasan dirinya terinfeksi virus Corona tersebut melalui akun Instagramnya aniesbaswedan. Dia memohon doa kepada supaya segera sehat sehingga bisa kembali bekerja.

"Saya mohon doanya supaya lekas pulih dan bekerja kembali. COVID masih ada dan bisa menghampiri siapa saja. Mari kita lebih disiplin pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan," ujar Anies melalui unggahan Instagramnya.

Anies mengingatkan semua orang yang pernah berinteraksi dengannya segera memeriksakan diri. Tim tracing selanjutnya akan mendata untuk mengawasi proses penyebaran penyakit, supaya tidak menginfeksi banyak orang.

Seluruh cerita hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terpapar COVID-19 bisa dilihat di Instagram. Dari kronologi tersebut bisa diketahui fakta-fakta seputar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang terinfeksi corona.

Fakta-fakta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terpapar COVID-19:

1. Kronologi pemeriksaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terpapar COVID-19

Anies mengatakan, dia sebetulnya rutin melakukan tes swab COVID-19. Pada Rabu (25/11/2020), Anies melakukan tes swab yang hasilnya negatif.

Setelah mengetahui Riza Patria positif COVID-19, Anies melakukan tes swab antigen pada Minggu (29/11/2020). Setelah melakukan prosedur tersebut, hasil tes Anies dinyatakan negatif.

Anies menjelaskan, dia melakukan pemeriksaan tersebut karena sering berinteraksi dengan Riza Patria. Selanjutnya pada Senin (30/11/2020) Anies melakukan tes swab PCR yang hasilnya adalah positif COVID-19.

2. Isolasi mandiri selama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terpapar COVID-19

Setelah dinyatakan positif COVID-19, Anies melakukan isolasi mandiri dan tinggal terpisah dengan keluarga. Anies tinggal di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat.

"Saya tinggal sendiri di rumah dan tetap bekerja dari rumah. Bekerja dan memimpin rapat virtual. Sejak maret 2020 kita terbiasa kerja virtual sehingga tidak ada gangguan dalam pengambilan keputusan," kata Anies.

Anies tidak tahu sampai kapan harus melakukan isolasi mandiri, namun dia berharap segera sembuh. Selama isolasi Anies mengatakan akan melaksanakan seluruh pengobatan yang ditetapkan tim medis.

3. Bagaimana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terpapar COVID-19 mengisi hari selama isolasi mandiri?

Anies mengawali hari dengan sholat subuh, membuka pintu dan jendela sehingga udara segar bisa masuk, dan olahraga ringan. Stretching dan joging dilakukan di taman rumah dinas Gubernur DKI Jakarta.

Selanjutnya Anies melakukan kegiatan kantor secara virtual. Anies melakukan kegiatan rapat lewat video conference untuk mengontrol dan mengecek beberapa hal terkait DKI Jakarta. Rapat virtual juga dilakukan untuk membahas masalah pertanahan di provinsi tersebut.

Selain kegiatan selaku Gubernur DKI Jakarta yang terus jalan, Anies juga mengupdate akun Instagram dengan kegiatan sehari-hari. Sayangnya tidak ada orang yang membantu Anies saat IG Live selama isolasi, yang mengakibatkannya kesulitan menyudahi siaran langsung.

"Tombol matiinnya mana nih," kata Anies di akhir unggahan Instagram pada Rabu (2/12/2020).

4. Ajakan disiplin protokol kesehatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terpapar COVID-19

Selain memohon doa supaya cepat pulih, Anies mengajak semua warga disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Disiplin menekan risiko terpapar dan terjangkit COVID-19 pada semua orang.

"Jaga diri pake masker. Selalu cuci tangan rutin dan jaga jarak kerjakan dengan rutin. Insya Allah terbebas dari potensi keterpaparan. Mudah-mudahan dijauhkan dari keterpaparan dan keterjangkitan," kata Anies.

Kepada siapa saja yang sempat berinteraksi, Anies menyarankan segera melakukan langkah yang diperlukan. Salah satunya tes swab yang bisa dilakukan di puskesmas DKI Jakarta.

5. Kegiatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terpapar COVID-19 sebelum dinyatakan positif

Pada Selasa (10/11/2020), Anies mengunjungi rumah Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat. Kunjungan Anies itu diketahui melalui foto yang tersebar luas di internet.

Anies Baswedan bersama Riza Patria menghadiri rapat paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta pada Kamis (26/11/2020). Selanjutnya pada Minggu (29/11/2020) Riza Patria mengumumkan positif COVID-19.



Simak Video "Anies Baswedan Positif Corona, Warga Diharap Lebih Disiplin 3M"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)