Kamis, 03 Des 2020 08:18 WIB

Inggris Setujui Vaksin COVID-19 Pfizer, Siap Suntik Pekan Depan!

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Covid-19: Apakah mungkin akan ada lebih dari satu vaksin virus corona? Dosis pertama vaksin COVID-19 di Inggris siap pekan depan. (Foto: BBC Magazine)
Jakarta -

Inggris menjadi negara pertama yang menyetujui penggunaan vaksin COVID-19 Pfizer. Rencananya dosis pertama vaksin COVID-19 Pfizer siap diluncurkan minggu depan.

"Bantuan sedang dalam perjalanan," jelas Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock mengumumkan Rabu pagi, setelah regulator Inggris memberikan otorisasi darurat untuk vaksin yang dibuat oleh farmasi raksasa AS Pfizer dan mitranya dari Jerman, BioNTech.

Hasil akhir uji klinis vaksin COVID-19 Pfizer menunjukkan efektivitas 95 persen mencegah infeksi bahkan pada orang dewasa lebih tua. Hingga data terakhir, tak ditemukan masalah keamanan termasuk efek samping yang serius atau begitu berarti.

Inggris mendahului Amerika Serikat dan Uni Eropa yang tengah berlomba mengembangkan vaksin COVID-19 hingga mendapat izin penggunaan darurat (EUA). Pfizer percaya vaksin COVID-19 mereka menjadi awal untuk segera mengakhiri pandemi Corona.

"Kami yakin ini benar-benar awal dari akhir pandemi," kata CEO BioNTech Ugur Sahin kepada CNN dalam wawancara eksklusif pada Rabu.

CEO Pfizer Albert Bourla memuji otorisasi darurat sebagai 'momen bersejarah dalam perang melawan COVID-19'. Inggris telah memesan 40 juta dosis vaksin, cukup untuk memvaksinasi 20 juta orang.

Hancock mengatakan kepada BBC bahwa 800 ribu dosis awal akan dikirimkan dari fasilitas Pfizer di Belgia ke Inggris minggu depan, dan 'jutaan' lagi sebelum akhir tahun.

Adapun yang akan menerima vaksin COVID-19 pertama termasuk lansia di panti jompo, mereka yang merawat mereka, petugas kesehatan dan orang-orang rentan lainnya akan menjadi prioritas utama.



Simak Video "Sederet Fakta Vaksin COVID-19 Pfizer yang Uji Klinisnya Sudah Rampung"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)