Kamis, 03 Des 2020 09:04 WIB

Putin Perintahkan Vaksinasi COVID-19 Massal Pekan Depan!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Virus corona: Para pemimpin dunia sepakat galang Rp120 triliun demi ciptakan vaksin virus corona Ilustrasi suntik vaksin. (Foto: BBC World)
Jakarta -

Presiden Rusia Vladimir Putin menginstruksikan untuk memulai vaksinasi massal untuk virus Corona pada akhir minggu depan. Dokter dan guru akan diimunisasi terlebih dahulu, kata Putin pada rapat kabinet di Moskow.

"Ayo mulai vaksinasi skala besar. Ayo mulai lakukan pekerjaan ini," katanya dikutip dari Anadolu Agency, Kamis (3/12/2020).

Vaksin COVID-19 Sputnik V yang dikembangkan Rusia akan tersedia secara gratis. Proses penyuntikan juga dilakukan secara sukarela.

"Lebih dari dua juta dosis sudah diproduksi atau akan diproduksi dalam beberapa hari ke depan," ucap Putin.

Rusia menjadi negara pertama di dunia yang mendaftarkan penggunaan publik vaksin virus Corona. Tak lama setelah pendaftaran Sputnik V, pihak berwenang memberikan izin untuk penggunaan massal vaksin lain, yang dikembangkan oleh Institut Virologi dan Bioteknologi berbasis di Novosibirsk.

Kabar Rusia akan suntik COVID-19 skala besar ini datang tak lama setelah pemerintah Inggris menyetujui penggunaan vaksin corona dari Pfizer/BioNTech. Saat ini, Inggris menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui vaksin tersebut.



Simak Video "Sederet Fakta Vaksin COVID-19 Pfizer yang Uji Klinisnya Sudah Rampung"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)