Kamis, 03 Des 2020 19:09 WIB

24 Orang Positif Corona Bersama Anies-Riza, Ini Alasan COVID-19 Cepat Menular

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Virus Corona terbaru atau Sars-Cov-2 yang menjadi penyebab COVID-19 memang berbahaya. Tapi tampilannya di bawah mikroskop bisa sangat bertolak belakang. Virus Corona COVID-19 bisa menyebar dengan cepat. (Foto: NIAID)
Jakarta -

Sebanyak 24 orang yang memiliki kontak erat dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria positif COVID-19. Hal tersebut diketahui setelah pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta melakukan pelacakan kontak atau tracing.

"Hingga Selasa (1/12) kemarin, kami di Dinkes DKI Jakarta dan jajaran telah mencatat 158 orang telah dilakukan tes usap dari kontak erat Gubernur dan 279 orang telah dilakukan tes usap dari kontak erat Wakil Gubernur sehingga total pelacakan kontak kasus sejauh ini adalah 437 orang," kata Kadinkes DKI Jakarta Widyastuti melalui keterangan tertulis di situs PPID Pemprov DKI Jakarta, Rabu (2/12/2020).

Ia mengatakan dari hasil penelusuran kontak sebanyak 24 orang dinyatakan positif terinfeksi COVID-19. Ia merinci 158 orang yang melakukan kontak erat dengan Anies hasilnya 5 positif Corona, 111 negatif, dan 42 orang menunggu hasil.

Kenapa virus Corona bisa begitu cepat menular dan menyebar?

Dalam hal ini, banyak ilmuwan yang mencoba mencari tahu apa yang menyebabkan virus mudah menyebar dengan cepat. Salah satunya ahli virologi di University of Washington, David Veesler.

"Memahami penularan virus adalah kunci untuk menahan dan pencegahan di masa depan," kata David yang dikutip dari laman Nature, Kamis (3/12/2020).

Untuk bisa menginfeksi sel, virus Corona menggunakan spike protein yang mengikat membran sel, yaitu sebuah proses yang diaktifkan oleh enzim sel tertentu.

Saat spike protein ini terikat pada reseptor sel, membran virus akan bergabung dengan sel manusia. Hal inilah yang memungkinkan genom virus masuk ke dalam sel manusia.

Struktur virus Corona yang sangat padat memungkinkan virus ini menempel lebih kuat pada reseptor ACE2 (Angiotensin Converting Enzyme 2) manusia. Akibatnya, virus ini bisa menginfeksi manusia dengan lebih baik dan bisa menyebar lebih cepat dibandingkan dengan virus Corona yang menyebabkan SARS.



Simak Video "Anies Baswedan Positif Corona, Warga Diharap Lebih Disiplin 3M"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)