Jumat, 04 Des 2020 05:30 WIB

5 Cara Mengatasi Jantung Berdebar Usai Minum Kopi

Farah Nabilah - detikHealth
Fresh Coffee in a small caffe Berdebar-debar setelah minum kopi (Foto: iStock)
Jakarta -

Beberapa orang mengeluhkan jantung berdebar setelah minum kopi. Situasi ini menimbulkan perasaan yang tidak nyaman. Ada beberapa cara untuk meredakan jantung berdebar setelah meminum kopi.

Minum kopi membuat kita lebih semangat dan menghilangkan rasa kantuk. Namun efek kafein pada kopi dapat membuat sebagian orang merasakan detak jantungnya lebih cepat. Tak hanya jantung berdebar, terkadang mereka merasa gelisah hingga sulit tidur.

Efek jantung berdebar setelah minum kopi dapat diatasi dengan beberapa cara yang dapat dilakukan dengan mudah. Dikutip dari beberapa sumber, cara ini dapat mengatasi jantung berdebar usai minum kopi.

1. Lakukan relaksasi

Stres dapat memicu atau memperburuk jantung berdebar. Itu karena stres bisa membuat adrenalin melonjak. Melakukan relaksasi dapat membantu untuk mengelola stres. Beberapa jenis relaksasi yang baik seperti meditasi, tai chi, dan yoga.

Cobalah lakukan relaksasi sederhana seperti duduk bersila dan pejamkan mata. Lalu tarik napas perlahan melalui lubang hidung, dan keluarkan melalui mulut. Ulangi sampai Anda merasa tenang.

2. Minum air putih

Dehidrasi dapat menyebabkan jantung berdebar-debar. Itu karena darah mengandung air, jadi ketika Anda mengalami dehidrasi, darah bisa menjadi lebih kental.

Semakin kental darah, semakin keras jantung harus bekerja untuk memindahkannya melalui pembuluh darah. Itu dapat meningkatkan denyut nadi dan berpotensi menyebabkan jantung berdebar.

Jika Anda merasakan denyut nadi meningkat setelah minum kopi, ambil segelas air. Jika Anda melihat urine berwarna kuning tua, minumlah lebih banyak cairan untuk mencegah jantung berdebar.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]