Jumat, 04 Des 2020 19:18 WIB

Akupuntur Sendiri di Rumah, Ini Caranya

Angga Laraspati - detikHealth
Young woman getting acupuncture treatment in therapy room Foto: Getty Images/iStockphoto/Wavebreakmedia
Jakarta -

Dalam dunia kedokteran timur dikenal dengan adanya 12 'kabel' tempat mengalirnya chi atau yang disebut dengan meridian dan tersambung ke 12 organ penting di dalam tubuh. Untuk menghasilkan tubuh yang sehat maka diperlukan keseimbangan pada 12 kabel tersebut.

Cara yang umum dikenal untuk menjaga keseimbangan tersebut adalah dengan akupuntur. Meski demikian akupuntur tak selalu berhubungan dengan jarum. Siapa pun bisa melakukannya hanya dengan menggunakan jari-jari tangan.

"Nah jadi di tangan kita itu ada 6 titik, yaitu 5 jari dan juga telapak tangan. Satu jari dan juga telapak tangan masing-masing memiliki 2 kabel meridian. Jadi ini bisa menjangkau 12 organ penting di dalam tubuh kita hanya lewat 6 titik yang ada di tangan ini," ungkap Pakar Kesehatan Holistik Reza Gunawan memaparkan dalam Webinar Bincang Sehat bersama AXA Mandiri, Jumat (4/12/2020).

Caranya adalah dengan menggenggam seluruh jari. Tak perlu digenggam erat melainkan hanya disentuh. Lalu, empat jari yang tidak dipegang dirilekskan saja dan taruh di pangkuan.

"Tidak hanya untuk ibu jari saja, tapi semua jari juga dilakukan hal yang sama. Lalu untuk yang di telapak tangan, jempol tangan yang satunya berada di tengah-tangan telapak tangan satunya lagi dan empat jari lainnya di punggung tangan, lalu ditaruh juga di pangkuan. Mantra latihannya adalah sentuh dengan lembut, nikmati dengan rileks," tuturnya.

Hal itu bisa dilakukan dalam waktu 20 menit selama 1 hingga 2 kali dalam sehari. Namun untuk bagian yang sakit bisa melakukannya 3 kali sehari. Ia mengatakan keenam titik tersebut memiliki manfaatnya masing-masing. Misalnya bagian ibu jari bisa mengobati sakit perut, susah tidur, dan sakit kepala.

"Dari situlah kita mengetahui kalau dalam filosofi kedokteran timur ada 5 emosi yang membuat organ kita sakit yaitu khawatir, takut, marah, sedih, loyo/lemas. Jadi masing-masing jari tersebut memiliki manfaatnya masing-masing bagi tubuh," pungkasnya.

(prf/ega)