Sabtu, 05 Des 2020 10:46 WIB

Daftar Negara yang Setujui Ganja Medis, Bagaimana di Indonesia?

Ayunda Septiani - detikHealth
Marijuana leaves with cbd thc chemical structure Ilustrasi ganja. (Foto: Getty Images/iStockphoto/anankkml)

5. Korea Selatan

Korea Selatan menjadi negara pertama di Asia Timur yang melegalkan ganja untuk keperluan medis.

Hal ini mereka terapkan sejak November 2018 lalu. Akan tetapi saat ini hanya ada beberapa turunan ganja yang diizinkan untuk digunakan, misalnya Sativex dan Epidiolex.

Penggunaannya pun hanya diizinkan pada pasien-pasien tertentu yang dinyatakan memenuhi persyaratan. Untuk penggunaan rekreasi, Korsel masih memberlakukan pelarangan keras, dengan menerapkan ancaman hukuman penjara atau denda berat.

6. Sri Lanka

Ganja di Sri Lanka ini bisa digunakan untuk kepentingan medis secara legal. Masyarakat maupun pihak yang membutuhkan bisa mendapatkannya di toko herbal Ayurveda.

Namun untuk kepemilikan secara pribadi yang digunakan untuk kepentingan rekreasional, sebagian besar di dekriminalisasi.

7. Chili

Chili melegalkan penggunaan ganja medis pada tahun 2015 dan termasuk di antara sejumlah negara Amerika Latin yang secara bertahap melonggarkan undang-undang yang melarang penanaman, distribusi dan konsumsi ganja.

Pasien medis yang diberi resep mariyuana dapat menggunakan obatnya secara legal jika mendapatkannya dari sumber yang sah. Mereka bisa mendapatkan obat sebagai impor, dari apotek atau dari pertanian bersertifikat.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "PBB Setujui Penggunaan Ganja untuk Keperluan Medis"
[Gambas:Video 20detik]

(kna/kna)