Senin, 07 Des 2020 10:28 WIB

1,2 Juta Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia, Ini Gudang Penyimpanannya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Vaksin Corona dari Sinovac disimpan di Bio Farma usai tiba di Indonesia pada Minggu (6/12) malam. Sampel vaksin kemudian akan dites BPOM. Vaksin Corona Sinovac. disimpan di Bio Farma. Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Sebanyak 1,2 juta vaksin COVID-19 Sinovac tiba di Indonesia. Vaksin corona tersebut dibawa menggunakan Pesawat Garuda Indonesia jenis Boeing 777-300ER dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (6/12/2020) sekitar pukul 21.20 WIB.

Dikutip dari keterangan resmi Sekretariat Presiden, Vaksin Corona Sinovac yang baru tiba langsung dibawa ke Kantor Pusat Bio Farma di Bandung, Jawa Barat. Dari warehouse di terminal cargo Bandara Internasional Soekarno-Hatta, vaksin yang disimpan dalam 7 Envirotainer diangkut menggunakan 3 truk.

"Setelah menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 3 jam, rangkaian kendaraan pembawa vaksin tiba di Bio Farma sekitar pukul 03.45 WIB," demikian dikutip dari laman resmi Sekretariat Presiden, Senin (7/12/2020).

Vaksin kemudian dipindahkan dari Envirotainer untuk disimpan di cool room dengan suhu 2-8 derajat celcius. Ruangan tersebut telah disterilisasi dan disiapkan khusus untuk menyimpan vaksin Covid-19.

Pengambilan sampel untuk pengujian mutu oleh tim dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Bio Farma juga telah dilakukan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam konferensi pers di kanal Youtube FMB9 juga menyebut vaksin COVID-19 Sinovac dikirim ke gudang Bio Farma dan dikawal secara ketat oleh aparat.

"Dikirim ke gudang Bio Farma dengan pengawalan TNI-Polri, Insya Allah sekarang sudah sampai," kata Menkeu.



Simak Video "Ramai Vaksin Sinovac Vs AstraZeneca, Ini Kata Pakar Imunisasi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)