Selasa, 08 Des 2020 13:35 WIB

Istri Mensos Juliari Sempat Stres hingga BB Turun, Kenali Tanda-tanda Stres

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Grace Batubara Foto: Dok. Instagram @gracebatubaraoffc
Jakarta -

Grace, Istri Juliari Batubara mengaku sempat stres ketika menyandang status istri Menteri Sosial. Ia sempat merasa jengkel kala suaminya menjabat sebagai menteri di kabinet Presiden Joko Widodo periode 2019-2024.

Rasa kesalnya kala itu karena sedang ada masalah bersama suami yang membuat ia dan Juliari Batubara tidak banyak berkomunikasi sementara waktu. Stres yang Grace rasakan sampai membuat berat badannya turun.

Grace mengaku saat menjadi istri Mensos, tanggung jawabnya sangat besar. Padahal, ia sebelumnya bebas melakukan hal apapun yang disukai tanpa dibayang-bayangi status istri menteri.

"Awal-awal cukup stres sih karena perubahannya besar. Sebelumnya, istilahnya semau saya lah mau ngapain," ucapnya, dikutip dari HaiBunda.

Kini, ia pun jadi sorotan publik, setelah sang suami ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka kasus korupsi bantuan sosial (bansos) COVID-19. Kondisi stres seperti yang dialami Grace bisa dilihat dari beberapa tanda yang kerap tak disadari seperti berikut.

1. Selalu berpikiran negatif

Seseorang yang mengidap stres biasanya selalu berpikiran negatif. Kondisi ini muncul kala seseorang menjadi khawatir berlebihan hingga kerap menyalahkan orang lain dan diri sendiri.

Hal ini disebabkan seseorang tidak bisa lagi berpikir jernih. Jika merasa seperti itu, terapis stres menyarankan untuk menyalurkan pikiran ke dalam sebuah tulisan sebagai langkah awal mengatasi stres.

"Pikiran Anda hanya berpacu pada persoalan negatif saat stres. Atasi pikiran-pikiran ini dengan merefleksikan atau bahkan menuliskan hal-hal yang Anda syukuri," jelas terapis stres Kimberly Hershenson yang berbasis di NYC.

2. Mengalami gangguan tidur

Seseorang yang mengalami stres juga kerap mengeluhkan masalah tidur. Tidak aneh jika mereka sering bermimpi buruk, hal ini menandakan orang tersebut tengah menghadapi kondisi yang melelahkan hingga kewalahan.

"Tidak aneh mengalami mimpi yang mengganggu saat Anda sangat stres," kata Kimberly.

Sakit kepala dan perubahan pola makan juga bisa menandakan seseorang sedang stres. Bagaimana kaitannya? Baca penjelasannya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Studi Inggris: Antibodi Bisa Bertahan 6 Bulan Pasca Terinfeksi Corona"
[Gambas:Video 20detik]