ADVERTISEMENT

Selasa, 08 Des 2020 20:00 WIB

Terbaru, Urutan Gejala COVID-19 dari Hari Pertama hingga Hari ke-27

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi pasien Corona sembuh Ilustrasi pasien COVID-19. (Foto: shutterstock)

Hari ke-3

Ini adalah rata-rata waktu pasien di Wenzhou dirawat di rumah sakit, setelah muncul gejala. Berdasarkan penelitian terhadap lebih dari 550 rumah sakit di seluruh China, menemukan bahwa pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit mengembangkan pneumonia pada hari ketiga.

Hari ke-5

Di hari ke-5 ini, pasien COVID-19 parah bisa mengalami gajala yang lebih buruk. Pasien mungkin mengalami kesulitan bernapas, terutama pada orang lanjut usia atau memiliki kondisi kesehatan yang berpengaruh sebelumnya.

Hari ke-7

Pada hari ke-7 ini adalah rata-rata waktu gejala muncul pada beberapa pasien di Wuhan, China. Gejala yang muncul umumnya adalah sesak napas.

Hari ke-8

Di titik ini, pasien dengan kasus COVID-19 yang parah kemungkinan besar mengalami sesak napas, pneumonia, atau sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS). Sindrom ARDS ini seringkali berakibat fatal.

Hari ke-9

Beberapa pasien di Wuhan mengembangkan sepsis, atau infeksi yang disebabkan karena respons kekebalan yang agresif.

Hari ke-10 sampai ke-11

Di hari ke-10 dan ke-11 ini, gejala pasien bisa semakin memburuk. Dan kemungkinan besar akan dirawat di ruang ICU.

Pasien tersebut mungkin bisa mengalami sakit perut berlebih dan kehilangan nafsu makan yang lebih besar, dibandingkan dengan pasien yang bergejala ringan.

Hari ke-12

Beberapa pasien mungkin akan sembuh dari demamnya setelah hari ke-12. Tetapi, jika kondisinya semakin parah, hingga dirawat di ruang ICU.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Dear Orang Tua, Yuk Perketat Prokes Pada Anak!"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT