Selasa, 08 Des 2020 23:15 WIB

7 Manfaat Raspberry yang Sangat Baik untuk Kesehatan Tubuh

Tim detikcom - detikHealth
raspberry Foto: iStock7 Manfaat Raspberry yang Sangat Baik untuk Kesehatan Tubuh

4. Melindungi dari Kanker

Antioksidan raspberry dan senyawa anti-inflamasi dikaitkan dengan perlindungan kanker dengan mengurangi reproduksi sel kanker.

Namun, penelitian juga menunjukkan bahwa fitonutrien dalam raspberry, seperti ellagitannins, sebenarnya dapat membantu membunuh sel kanker dengan menandakan apoptosis, atau kematian sel terprogram.

5. Tinggi Serat

Manfaat raspberry berikutnya yakni tinggi serat. Secangkir raspberry mengandung 8 gram serat makanan yakni sepertiga dari target minimum harian.

Kandungan serat tinggi ini juga mengurangi kandungan karbohidrat bersih raspberry menjadi sekitar 7 gram per cangkir (karena tubuh kita tidak mampu mencerna dan menyerap serat).

Serat itu juga berkontribusi pada rasa kenyang, menumpulkan gula darah dengan memperlambat pencernaan, dan mendukung kesehatan pencernaan yang baik.

Serat raspberry juga membantu pertumbuhan bakteri usus yang menguntungkan. Hal ini terkait dengan kekebalan yang lebih kuat dan suasana hati yang lebih positif.

Karena itu, buat raspberry cocok untuk ibu hamil.

6. Membantu Mencegah Diabetes

Sebuah studi baru dari Institut Teknologi Illinois secara acak menugaskan 32 orang dewasa berusia antara 20 dan 60 untuk tiga kali sarapan.

Setiap makanan memiliki kalori dan makronutrien yang sama, tetapi mereka memiliki ukuran porsi yang berbeda dari raspberry merah beku: Satu makanan tidak mengandung raspberry, yang kedua berisi satu cangkir, dan yang ketiga menyediakan dua cangkir.

Para peneliti menemukan bahwa bagi mereka yang berisiko diabetes, makan lebih banyak raspberry mengurangi jumlah insulin yang dibutuhkan untuk mengelola kadar gula darah.

Faktanya, gula darah lebih rendah pada mereka yang meminum dua cangkir raspberry merah dibandingkan dengan mereka yang tidak makan.

7. Raspberry Memelihara Kesehatan Otak dan Memori

Raspberry membantu melawan stres oksidatif, yang pada dasarnya merupakan ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas yang merusak sel dan kemampuan tubuh untuk melawan efek berbahaya mereka.

Karena stres oksidatif adalah faktor penyebab penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson, raspberry bermanfaat untuk penunjang otak terbaik.

Flavonoid dalam buah beri juga telah terbukti membantu meningkatkan koordinasi, memori, dan suasana hati.

Dan buah raspberry membantu pemeliharaan otak secara umum dengan membersihkan protein beracun yang terkait dengan disfungsi otak.

Cara menambahkan Raspberry ke Dalam Makanan

Raspberry membuat sajian yang indah dan lezat untuk banyak hidangan. Tambahkan ke oatmeal, salad, dan makanan penutup.

Haluskan sedikit untuk membuat saus warna-warni untuk pancake. Kocok raspberry beku menjadi smoothie atau cairkan dan makan.

Raspberry beku juga bisa dicairkan, atau langsung menjadi camilan yang enak. Dipadukan dengan kacang-kacangan, atau beberapa cokelat hitam.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(nwy/pal)