Kamis, 10 Des 2020 15:07 WIB

Obat Disfungsi Ereksi dan Obat Depresi di AS Saling Tertukar, Kok Bisa?

Firdaus Anwar - detikHealth
Close-up of the automatic capsule package production line. Obat disfungsi ereksi dan obat depresi saling tertukar di AS. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Perusahaan farmasi AvKARE di Amerika Serikat (AS) mengumumkan penarikan sebagian produk obatnya pada hari Rabu (9/12/2020). Ini karena diketahui ada masalah pengemasan obat disfungsi ereksi dan obat depresi yang tidak sengaja saling tertukar.

Dalam keterangannya AvKARE menyebut kekeliruan terjadi saat vendor selaku pihak ketiga melakukan pengemasan. Obat disfungsi ereksi yang mengandung bahan aktif sildenafil dikemas sebagai obat depresi, sementara obat depresi yang mengandung bahan aktif trazodone dikemas sebagai obat disfungsi ereksi.

Sildenafil diketahui berbahaya bila dikonsumsi sembarangan karena dapat menyebabkan efek samping penurunan tensi darah. Trazodone juga tak bisa dikonsumsi tanpa mengikuti aturan pakai karena dapat menyebabkan efek bius, pusing, konstipasi, hingga pandangan kabur.

"AvKARE secara sukarela melakukan penarikan satu lot produk tablet Sildenafil 100 mg dan satu lot tablet Trazodone 100 mg di tingkat konsumen. Produk-produk ini ditarik karena ada kekeliruan dalam proses pengemasan di fasilitas pihak ketiga," tulis AvKARE seperti dikutip dari situs resmi Badan Pengawas Obat dan Makanana AS (FDA), Kamis (10/12/2020).

Sejauh ini AvKARE mengaku belum mendapat laporan ada orang yang menderita efek samping akibat kekeliruan obat.



Simak Video "Pfizer Mulai Lakukan Uji Coba Obat COVID-19 Oral"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)