Kamis, 10 Des 2020 19:02 WIB

500 Warga India Terjangkit Penyakit Misterius, Terkait Sanitasi COVID-19?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Close up hand of elderly patient with intravenous catheter for injection plug in hand during lying in hospital ward room Penyakit misterius di India. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Korban yang terkena penyakit misterius di India dan dirawat di rumah sakit kini tercatat sebanyak 550 orang. Usai ditemukan nikel dan timbal dalam sampel darah pasien, penyebabnya kini diduga karena penggunaan berlebihan terkait pemutih dan klorin saat sanitasi untuk mencegah COVID-19.

"Pakar kesehatan menduga bahwa penggunaan bubuk pemutih dan klorin yang berlebihan dalam program sanitasi sebagai bagian dari tindakan pencegahan COVID-19 dapat menjadi penyebab kontaminasi air. Ini hanyalah salah satu penyebab yang kami jelajahi," kata Menteri Kesehatan Andhra Pradesh A Krishna Srinivas mengatakan kepada The Indian Express.

Tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang tiba di Eluru, kota di India, tempat wabah merebak, tengah mengamati daerah-daerah yang terdampak. Mulai dari kebiasaan makan para warga India dan rincian kesehatan korban-korban yang terpapar.

Tim ahli dari WHO, AIIMS (New Delhi), Institut Nutrisi Nasional, Hyderabad, Pusat Biologi Molekuler, dan Institut Teknologi Kimia India mengatakan kepada pemerintah setempat untuk fokus pada penyelidikan sumber pencemaran air.

Ditemukannya timbal dan nikel dalam tubuh pasien kemungkinan disebut karena pestisida yang bercampur dengan pasokan air diEluru. Dokter dan ahli dari All-India Institute of Medical Sciences (AIIMS) mengatakan penyelidikan sejauh ini mengungkap tingginya kandungan timbal dan nikel pada pasien.

"Juga ditemukan bahwa ada penurunan yang signifikan pada tingkat timbal dalam tubuh pasien setelah 24 jam sakit," kata seorang pejabat.

Penyebab lain sebelumnya terkait wabah misterius di India juga diduga karena paparan organoklorin. Sebab, paparan bahan kimia tersebut memang menyebabkan kejang, sakit kepala, dan gejala lain yang persis dialami para korban.

Meski begitu, hingga kini belum ada penyebab pasti yang mengungkap asal muasal wabah merebak. Pihak berwenang India juga didesak untuk segera mencari tahu penyebab dari penyakit misterius yang melanda negaranya di tengah pandemi COVID-19.



Simak Video "Pfizer Tarik Permohonan Vaksin COVID-19 di India"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)