Jumat, 11 Des 2020 19:05 WIB

Sejumlah RS Mulai Buka Pre Order Vaksin COVID-19, Harga Masih Estimasi

Pradito Rida Pertana - detikHealth
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination. Sejumlah RS mulai membuka pre order vaksin COVID-19 (Foto: iStock)
Yogyakarta -

Rumah Sakit UII (Universitas Islam Indonesia) di Kecamatan Pandak, Bantul, mulai membuka pre-order (PO) vaksinasi COVID-19 melalui akun Instagram @rumahsakit.uii. Mereka mulai menyediakan vaksinasi dengan estimasi waktu 1-2 bulan ke depan.

Direktur Utama Rumah Sakit UII, Widodo Wirawan membenarkan hal tersebut. Prosedur pemesanan sendiri sesuai dengan postingan di medsos Instagram.

"Prosedurnya sesuai dengan yang ada di medsos kami. Jadi (pendaftaran) melalui WA, nanti dari WA kan ada disuruh mengisi form, form registrasi sama kondisi terkini," katanya saat dihubungi wartawan, Jumat (11/12/2020) malam.

Menyoal biaya, Widodo menyebut masih sebatas estimasi. Namun, untuk perdosisnya Widodo menyebut tidak akan mencapai hingga jutaan rupiah.

"Biaya itu kisaran ya, jadi estimasi karena ini juga aslinya kita kan menunggu dari pemerintah ya. Itu kisaran Rp 450 ribu sampai Rp 500 ribu per dosis suntikan," ucapnya.

Terkait merek vaksin, dia menyebut bukan Sinovac. Dia menyebut pembukaan PO vaksinasi sesuai arahan dari Kemenkes RI.

"Nggak (bukan Sinovac), mereknya kan dari pemerintah kan 3 merk itu kemungkinan besar, jadi kita menunggu tapi kami sudah diminta order. Jadi kami bantu pemerintah untuk nanti begitu sudah di-acc kemudian dari kami Bio Farma sudah bisa menyalurkan dan kami langsung bisa," katanya.

"Nggak, sebenarnya dari Kemenkes sudah meminta rumah sakit untuk mendata yang 1,2 juta kan untuk nakes nah Januari Februari masuk 45 juta dosis. Jadi pemerintah sudah mulai mendata ke rumah sakit yang mau memesan siapa dan lewat asosiasi rumah sakit juga sudah. Cuma nanti tiap rumah sakit beda timingnya, ada yang menunggu," imbuhnya.

Dia menambahkan bahwa antusias masyarakat cukup tinggi. "Sudah ada yang mendaftar, jadi bisa dikatakan antusiasmenya tinggi," ucapnya.

Selain di RS UII, pre order vaksin COVID-19 juga ditawarkan oleh sejumlah rumah sakit lain.



Simak Video "Vaksin COVID-19 Efektif Minimalisir Kemungkinan Tertular COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)