Minggu, 13 Des 2020 05:51 WIB

10 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

Zintan Prihatini - detikHealth
Raw Beef going into Fondue Pot-Photographed on Hasselblad H3D2-39mb Camera Manfaat minum air hangat (Foto: iStock)

4. Membantu redakan sembelit

Dehidrasi adalah penyebab umum sembelit. Dalam banyak kasus, minum air putih merupakan cara yang efektif untuk meredakan dan mencegah sembelit. Tetap terhidrasi membantu feses lebih mudah dikeluarkan. Minum air hangat di pagi hari secara teratur dapat membantu pergerakan usus tetap teratur.

5. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Institute of Medicine merekomendasikan bagi wanita untuk mengonsumsi 2,3 liter air dan pria 3,3 liter air per hari. Angka-angka itu termasuk air dari makanan seperti buah-buahan, dan sayuran. Minum air hangat di pagi hari maupun air dingin bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

6. Mengurangi rasa menggigil saat kedinginan

Sebuah studi pada 2017 menemukan minum air hangat dapat membantu mengurangi rasa menggigil ketika dingin. Para peneliti juga menemukan bahwa minum air hangat membantu menjaga suhu tubuh.

7. Meningkatkan sirkulasi

Mandi air hangat membantu organ peredaran darah baik arteri dan vena agar membawa darah dengan lebih efektif ke seluruh tubuh Anda. Minum air hangat di pagi hari mungkin memiliki efek serupa.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa hal tersebut cukup efektif. Sebagai tambahan, kehangatan dari minum atau mandi air hangat di malam hari dapat membantu membuat rileks untuk tidur lebih nyenyak.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Manfaat Air Putih, Cegah Sembelit hingga Kulit Berkilau"
[Gambas:Video 20detik]