Minggu, 13 Des 2020 09:04 WIB

Susah Fokus Saat WFH? Obama Juga Mengalami, Ini Tipsnya Agar Tetap Produktif

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Mantan Presiden AS Barack Obama (AP Photo) Mantan Presiden AS Barack Obama (AP Photo)
Jakarta -

Meski disebut-sebut lebih fleksibel, work from home (WFH) memiliki tantangannya sendiri. Salah satunya bikin susah fokus, sehingga terasa lebih melelahkan secara psikologis.

Mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama juga mengalaminya. Dalam perbincangan dengan Eva Chen, direktur kemitraan mode Instagram, Obama mengungkap beberapa tips agar tetap bisa produktif meski kadang susah fokus.

"Nomor satu, pecah menjadi beberapa bagian," kata Obama dikutip dari Make It CNBC.

"saya orang yang percaya bahwa tidak ada sesuatu yang besar dikerjakan sekali waktu, dan tidak ada gunanya cemas soal berusaha melakukan semuanya," lanjutnya.

Menurut Obama, penting untuk punya ekspektasi atau pengharapan yang realistis dibanding berusaha menyelesaikan semua hal. Ia menyarankan untuk bertanya pada diri sendiri.

"Berapa banyak yang bisa saya kerjakan dalam satu waktu?" katanya.

Tips selanjutnya apa? "Bikin tim, di manapun Anda bisa," saran Obama.

"Sebagian besar hal besar yang kita lakukan dalam hidup, tidak kita kerjakan sendirian, dan belajar bagaimana memiliki support system yang bagus, orang-orang bekerja lebih baik dalam beberapa hal dibanding yang lain," bebernya.

Dicontohkan, semasa jadi presiden Obama memiliki seseorang yang bertanggung jawab terhadap berbagai laporan. Ia mengaku bukan orang yang tertib soal itu.

"Ada beberapa hal yang saya bisa lakukan dengan baik, tapi itu tidak termasuk," katanya.

Saran terakhir yang disampaikan Obama adalah punya selera humor. Pada dasarnya seseorang harus lembut pada dirinya sendiri dan menghindari perfeksionisme.

"Sedikit memaafkan diri sendiri, memahami bahwa tidak ada satupun yang akan sempurna," menurut Obama akan memberikan lebih banyak kesempatan untuk menyelesaikan lebih banyak urusan.



Simak Video "WFH di Zona Merah Jadi 75%, Pekerja Dilarang Lintas Daerah!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)