ADVERTISEMENT

Kamis, 17 Des 2020 06:00 WIB

10 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari dan Sebelum Tidur

Tim detikcom - detikHealth
Benci Air Putih Foto: Istimewa/10 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari dan Sebelum Tidur


6. Mengurangi menggigil saat kedinginan

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa meskipun respons alami tubuh dalam kondisi dingin adalah menggigil, minum cairan hangat dapat membantu mengurangi rasa menggigil.

Para peneliti menemukan bahwa meminum air putih hangat dengan cepat dapat membantu mengurangi pekerjaan dalam menjaga suhu tubuh mereka. Hal itu bisa berguna bagi orang yang bekerja atau berolahraga dalam kondisi dingin.

7. Meningkatkan sirkulasi

Aliran darah yang sehat memengaruhi segalanya mulai dari tekanan darah hingga risiko penyakit kardiovaskular.

Mandi air hangat membantu organ peredaran darah Anda - arteri dan vena Anda - berkembang dan membawa darah dengan lebih efektif ke seluruh tubuh Anda.

Minum air hangat mungkin memiliki efek serupa. Namun, ada sedikit penelitian yang menyatakan bahwa ini efektif.

Sebagai bonus, kehangatan dari minum air hangat atau mandi di malam hari dapat membantu membuat Anda rileks dan mempersiapkan Anda untuk tidur nyenyak.

8. Dapat menurunkan tingkat stres

Karena minum air putih hangat membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, rasa cemas Anda mungkin berkurang jika meminumnya.

Menurut sebuah studi tahun 2014, minum lebih sedikit air mengakibatkan berkurangnya perasaan tenang, kepuasan, dan emosi positif.

Oleh karena itu, tetap terhidrasi dapat meningkatkan suasana hati dan tingkat relaksasi Anda.

9. Dapat membantu sistem detoksifikasi tubuh

Meskipun tidak ada bukti pasti bahwa air putih hangat memiliki manfaat khusus dalam hal ini, sebuah studi tahun 2020 menemukan bahwa minum lebih banyak air dapat membantu melindungi ginjal sambil mengencerkan bahan limbah dalam darah.

Penelitian lainnya menyebutkan, minum air putih penting untuk membilas tubuh Anda. Ini juga dapat membantu melawan peradangan, menjaga sendi tetap terlumasi dengan baik, dan mencegah asam urat.

10. Dapat membantu meredakan gejala akalasia

Akalasia adalah suatu kondisi di mana kerongkongan Anda mengalami kesulitan memindahkan makanan ke dalam perut Anda.

Orang dengan akalasia mengalami kesulitan menelan. Mereka mungkin merasa seolah-olah makanan tersangkut di kerongkongan alih-alih berpindah ke perut. Ini disebut disfagia.

Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa minum air putih bermanfaat dapat membantu orang dengan akalasia untuk mencerna dengan lebih nyaman.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(nwy/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT