Senin, 21 Des 2020 14:00 WIB

Duh! Presiden Chile Langgar Protokol COVID-19, Berujung Denda Puluhan Juta

Ayunda Septiani - detikHealth
FILE PHOTO: Chiles President Sebastian Pinera addresses the 74th session of the United Nations General Assembly at U.N. headquarters in New York City, New York, U.S., September 24, 2019. REUTERS/Carlo Allegri/File Photo Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: REUTERS/Carlo Allegri/File Photo)
Jakarta -

Presiden Chili Sebastian Pinera, didenda sebesar US$3.500 atau sekitar Rp 49.5 juta akibat tidak mengenakan masker saat melakukan swafoto di pantai bersama seorang penduduk.

Dikutip dari laman CNN, Pinera lantas menghadap aparat setelah gambar swafoto itu beredar di media sosial.

Dia mengatakan saat itu tengah berjalan di pantai di dekat kediamannya seorang diri di Kota Cachagua. Saat itu ada seorang perempuan yang mengenalinya dan meminta berfoto bersama.

Di dalam foto itu nampak Pinera dan perempuan itu berdekatan tanpa mengenakan masker.

Foto Pinera yang sedang melakukan pesta pizza pada malam hari juga pernah beredar. Padahal saat itu bertepatan dengan aksi unjuk rasa besar-besaran di Ibu Kota Santiago menuntut pemerataan kesejahteraan.

Selain itu, Pinera juga pernah berfoto di alun-alun yang menjadi pusat lokasi unjuk rasa, setelah dia memerintahkan para penduduk untuk tetap berada di rumah di masa pandemi.

Pemerintah Chile mewajibkan penggunaan masker di seluruh ruang publik. Yang melanggar diancam dengan hukuman denda dan penjara.

Lonjakan tertinggi kasus corona di Chile terjadi pada Mei dan Juni, bersamaan dengan musim dingin. Kasus infeksi di negara itu kini kembali bertambah padahal pemerintah semakin memperketat larangan.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/kna)