Senin, 21 Des 2020 21:29 WIB

6 Manfaat Minyak Kayu Putih, Mengatasi Batuk hingga Gigitan Serangga

Kanya Anindita - detikHealth
Minyak Kayu Putih Manfaat minyak kayu putih (Foto: dok. detikcom/Didik Dwi H)
Jakarta -

Sebuah informasi viral menyebutkan salah satu manfaat minyak kayu putih untuk menyembuhkan pasien COVID-19. Namun, hal tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya karena tidak ada informasi medis yang mengeluarkan pernyataan manfaat minyak kayu putih dengan COVID-19.

Manfaat minyak kayu putih banyak ditemukan dalam dunia kesehatan, salah satunya sebagai obat batuk. Sebelum digunakan, daunnya dikeringkan, dihancurkan, disuling untuk mengeluarkan minyak esensial, dan diesktraksi sebelum dijadikan obat.

Dikutip dari Healthline, berikut 7 manfaat minyak kayu putih bagi kesehatan:

1. Meredakan batuk

Dijadikan sebagai obat batuk merupakan salah satu manfaat minyak kayu putih. Beberapa obat batuk seperti Vicks VapoRub, dijual bebas dengan mengandung 1.2 persen minyak kayu putih di dalamnya.

2. Melegakan dada

Manfaat minyak kayu putih selanjutnya adalah melegakan dada saat batuk berdahak. Menghirup uap minyak kayu putih sambil mengoleskannya ke dada dan tenggorokan dapat membantu mengencerkan lendir dan dikeluarkan pada saat batuk.

3. Mengobati gigitan serangga

Manfaat minyak kayu putih lainnya adalah mengobati gigitan serangga yang kemungkinan berbahaya bagi kesehatan. Cukup oleskan minyak kayu putih pada bagian gigitan dan tunggu hingga bekas gigitan membaik.

4. Mengobati luka

Mengobati luka adalah salah satu manfaat minyak kayu putih untuk mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut. Saat ini banyak krim atau salep yang mengandung minyak kayu putih untuk mempercepat penyembuhan luka bakar ringan atau luka lainnya.

Penasaran dengan manfaat minyak kayu putih lainnya? Lanjut ke halaman berikut.

5. Membantu pernapasan lebih mudah

Penyakit asma dan sinusitis dapat diredakan dengan menghirup uap pada minyak kayu putih. Manfaat minyak kayu putih ini dapat membantu mengeluarkan lendir sehingga pernapasan jadi lebih lancar.

6. Meredakan nyeri sendi

Meredakan nyeri sendi adalah salah satu manfaat minyak kayu putih yang dipercaya oleh banyak orang. Faktanya, banyak krim dan salep over-the-counter populer yang mengandung minyak kayu putih untuk meredakan kondisi osteoartritis dan rheumatoid arthritis.

Manfaat minyak kayu putih lainnya juga dikaitkan dengan kondisi peradangan lainnya. Orang-orang yang mengalami sakit punggung dan cedera sendi atau otot, sering menggunakan minyak kayu putih sebagai pengobatan.



Simak Video "Kemenkes: Lansia Perlu Hati-hati Gunakan Herbal untuk Atasi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)