Kamis, 24 Des 2020 06:28 WIB

Kilas Bugar 2020

Riset-riset Kesehatan Paling Unik di 2020, Alis Tebal Lebih Narsis?

Zintan Prihatini - detikHealth
Medical researcher holding test tube with blue fluorescent liquid Riset-riset unik di 2020 (Foto: iStock)
Topik Hangat Kilas Bugar 2020

3. Kesepian bisa menyebabkan penyakit

Kesepian semakin diakui sebagai penyebab masalah kesehatan utama. Penelitian menunjukkan orang tua yang mengalami kesepian memiliki risiko lebih tinggi mengalami penurunan kognitif dan demensia.

Peneliti menemukan beberapa perbedaan dalam otak orang yang kesepian. Pendapat ini berpusat pada sekumpulan wilayah otak yang terlibat dalam pemikiran batin seperti mengenang, merencanakan masa depan, membayangkan dan memikirkan orang lain.

"Kami baru mulai memahami dampak kesepian pada otak. Memperluas pengetahuan kami di bidang ini akan membantu kami lebih menghargai urgensi mengurangi kesepian di masyarakat saat ini," kata peneliti dan penulis studi dari The Neuro and the Quebec Artificial Intelligence Institute, Danilo Bzdok, dikutip dari BBC.

Studi unik ini telah diterbitkan dalam jurnal Nature Communications pada 15 Desember 2020.

4. Pemilik alis tebal cenderung lebih narsis

Apakah kamu salah satu pemilik alis tebal dan narsis? Penelitian terbaru menemukan korelasi antara alis tebal dan masalah psikologis yang disebut narsistik.

Sebanyak 39 mahasiswa di Universitas Toronto diteliti dengan mengikuti tes kepribadian narsistik. Mereka yang mengikuti tes akan difoto sebagai bahan penelitian.

"Pada dasarnya kami melakukan serangkaian eksperimen panjang di mana kami mempersempit fitur wajah lebih jauh dan lebih jauh ke bawah sampai kami membatasi alis sebagai isyarat utama narsisme orang," kata penulis studi Miranda Giacomin seperti dikutip dari Insider.

Studi yang mendapatkan penghargaan dari Ig Nobel pada September lalu ini diteliti oleh Miranda Giacomin dan Nicholas Rule. Penelitian berjudul "Eyebrows cue grandiose narcissism" ini juga menemukan bahwa orang beralis tebal cenderung egois.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Melihat Lebih Dekat Mutasi di Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
Topik Hangat Kilas Bugar 2020