Senin, 28 Des 2020 08:23 WIB

Sembuh dari COVID-19, Apakah Bisa Jadi Kebal dari Virus Selamanya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Covid-19: Bagaimana mutasi memberi petunjuk tentang penyebaran dan asal-usul virus corona Apakah tubuh bisa kebal dari virus Corona usai dinyatakan sembuh? (Foto: BBC Magazine)
Jakarta -

Orang yang berhasil sembuh dari infeksi COVID-19 diketahui tubuhnya bisa mengembangkan kekebalan atau imunitas terhadap virus. Seberapa lama imunitas dapat bertahan sampai saat ini masih diteliti, namun menurut ahli kemungkinan tidak selamanya.

Ahli penyakit infeksi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Maria Van Kerkhove, mengatakan imunitas dapat bertahan sampai sekitar enam bulan setelah infeksi. Oleh karena itu tetap disarankan bagi mereka yang sudah sembuh melakukan protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Kami punya petunjuk dari infeksi virus Corona lainnya bahwa imunitas ini tidak akan bertahan seumur hidup," kata Maria seperti dikutip dari situs resmi WHO, Senin (28/12/2020).

"Jadi penting agar semua orang tetap patuh terhadap protokol kesehatan di areanya. Sebagian karena ini juga untuk menunjukkan solidaritas di tengah situasi sulit ini," lanjutnya.

Maria menjelaskan seseorang yang sudah sembuh masih memiliki kemungkinan untuk kembali terinfeksi.

"Ada individu yang dilaporkan mengalami reinfeksi, sama seperti pada kasus virus-virus lain. Yang kami masih belum tahu adalah seberapa umum hal ini terjadi," pungkas Maria.



Simak Video "WHO Tak Henti Keluarkan Peringatan soal Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)