Rabu, 30 Des 2020 07:20 WIB

Kilas Bugar 2020

5 Isu Kesehatan Paling Dikepoin di 2020, Masker Scuba hingga Gejala Corona

Farah Nabila - detikHealth
Positive blood test result for the new rapidly spreading Coronavirus, originating in Wuhan, China Virus Corona merupakan salah satu masalah kesehatan paling dikepoin di 2020 (Foto: iStock)
Topik Hangat Kilas Bugar 2020

3. Vaksin corona

Kehadiran vaksin virus Corona menjadi kabar gembira di tengah pandemi COVID-19. Banyak orang yang tertarik dengan kehadiran vaksin ini sehingga menjadi salah satu informasi kesehatan yang banyak dicari di Google.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menetapkan 6 jenis vaksin COVID-19 yang dapat digunakan di Indonesia. Penetapan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 9860 Tahun 2020.

Keenam vaksin COVID-19 yang telah ditetapkan yaitu vaksin yang diproduksi oleh PT Bio Farma (Persero), AstraZeneca, China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm), Moderna, Pfizer Inc and BioNTech, dan Sinovac Biotech Ltd.

Namun sejumlah vaksin COVID-19 tersebut bisa digunakan setelah mendapat izin edar atau persetujuan penggunaan darurat oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

4. Rapid test

Rapid tes merupakan metode awal mendeteksi virus Corona dalam tubuh. Pengecekannya dilakukan dengan mengambil sampel darah pasien untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG. Kedua jenis antibodi ini diproduksi saat tubuh terpapar virus Corona.

Hasil rapid tes memakan waktu antara 10-15 menit. Ada tiga keterangan pada alat, yakni C, lgG, dan lgM. Bila pasien positif COVID-19, akan muncul garis pada keterangan C dan lgG atau lgM. Sedangkan garis yang muncul pada keterangan C artinya pasien negatif.

Ada pula jenis rapid test terbaru yang tidak mendeteksi antibodi, melainkan mendeteksi material virus. Belakangan, rapid test yang disebut rapid test antigen ini banyak dipakai sebagai syarat untuk bepergian.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Studi Inggris: Antibodi Bisa Bertahan 6 Bulan Pasca Terinfeksi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
Topik Hangat Kilas Bugar 2020