Kamis, 31 Des 2020 05:49 WIB

Kilas Bugar 2020

5 Kasus Medis Langka dan Aneh di 2020, Urine Beralkohol dan Kencing Hijau

Kanya Anindita - detikHealth
Close-up portrait of doctor in hospital operating room Berbagai kasus medis langka di 2020 (Foto: Getty Images/graphixel)
Topik Hangat Kilas Bugar 2020

4. Jarum jahit di jantung

Seorang remaja 17 tahun mengejutkan banyak orang, sebab terdapat jarum jahit di hatinya yang mengakibatkan sakit dada hingga menjalar ke punggungnya. Sebuah CT scan menunjukkan ada benda asing yang bersarang di jantungnya.

Benda itu ternyata adalah jarum jahit berukuran 1,4 inci (3,5 sentimeter), yang dikeluarkan dokter melalui operasi jantung terbuka. Remaja itu awalnya memberi tahu dokter bahwa dia tidak menelan benda asing atau mengalami trauma fisik di dadanya.

Setelah dilakukan wawancara, barulah diketahui ternyata ia sering menjahit pakaian sambil mengigit jarum jahit di mulutnya. Untungnya, remaja tersebut pulih setelah operasi dan tidak mengalami komplikasi.

5. Sindrom fermentasi kandung kemih

Seorang wanita berusia 61 tahun membutuhkan transplantasi hati akibat menderita sirosis atau jaringan parut pada hati. Dokter sempat kebingungan sebab air urinenya positif mengandung alkohol, meskipun wanita tersebut mengaku tidak pernah mengonsumsi alkohol sama sekali.

Setelah beberapa kali pemeriksaan, dokter menemukan bahwa mikroba di kandung kemih wanita itu memfermentasi glukosa (gula) menjadi alkohol. Kondisi wanita tersebut mirip dengan kelainan langka yang disebut "sindrom auto-brewery" (ABS), di mana mikroba di saluran pencernaan mengubah karbohidrat menjadi alkohol.

Namun dalam kasus wanita ini, fermentasi terjadi di kandung kemihnya yang membuat kondisinya berbeda dari ABS. Alkohol tidak masuk dari kandung kemih ke aliran darah, jadi wanita itu tidak tampak mabuk.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Waspada Tanda-tanda Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
Topik Hangat Kilas Bugar 2020