Kamis, 31 Des 2020 11:03 WIB

Air Purifier Bisa Melawan Virus Corona? Ini Penjelasannya

Yudistira Imandiar - detikHealth
Gree Air Purifier untuk menjernihkan udara ruangan Gree Air Purifier untuk menjernihkan udara ruangan/Foto: Dok. Gree
Jakarta -

Pandemi COVID-19 seolah menjadi alarm bagi masyarakat Indonesia betapa pentingnya kesehatan. Sejak pandemi melanda, semua tersadar akan pentingnya penerapan gaya hidup sehat.

Penerapan gaya hidup sehat bukan hanya mengenai pola makan dan olahraga, tapi juga kesadaran terhadap kebersihan udara. Menjaga kebersihan udara pada ruangan tempat beraktivitas sehari-hari merupakan hal penting untuk menjaga kesehatan. Jika udara mengandung partikel-partikel berbahaya bagi tubuh maka kesehatan menjadi taruhannya.

Mengutip data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus Corona dapat menetap di udara dalam ruangan tertutup. Hal ini membuat orang-orang dalam ruangan yang minim sirkulasi udara rentan terpapar virus penyebab COVID-19 tersebut.

Jendela terbuka adalah cara paling sederhana untuk meningkatkan kualitas sirkulasi udara di ruangan. Namun, jika tidak memungkinkan membuka jendela ruangan masih ada cara lain untuk menjaga kualitas udara di dalamnya.

Menurut keterangan Gree, penggunaan air purifier dapat menekan penyebaran partikel berbahaya dalam ruangan. Air purifier berfungsi menjernihkan udara dari kontaminasi debu, bakteri, virus, dan mikroorganisme lainnya.

Gree Air Purifier untuk menjernihkan udara ruanganGree Air Purifier tipe GCCD400DENA Foto: Dok. Gree

Gree Air Purifier GCCD400DENA

Produk air purifier dari berbagai merek dapat ditemui di pasaran. Salah satunya produk Gree Air Purifier GCCD400DENA yang dilengkapi teknologi filter CEP terbaru untuk melawan kontaminasi virus dalam ruangan, air purifier ini mempunyai 4 filter penyaringan udara dengan fungsi berbeda, antara lain.

  1. Filter lapis satu berfungsi sebagai penyaring semua partikel mikro yang halus di udara.
  2. Filter lapis dua berfungsi sebagai pembunuh bakteri dan virus menggunakan gelombang listrik.
  3. Filter lapis tiga berfungsi sebagai penyaring sekaligus pembunuh sisa bakteri dan virus untuk selanjutnya udara dialihkan ke filter berikutnya.
  4. Filter lapis empat berfungsi mengubah udara kotor, bau, dan kurang sehat setelah penyaringan menjadi udara yang bersih, segar, dan sehat.

Gree menyatakan produk air purifiernya itu dapat membunuh berbagai jenis bakteri hingga virus, antara lain novel coronavirus, HSV, EV71, H1N1, formaldehyde, dan sebagainya hingga 99%.

Gree Air Purifier GCCD400DENA turut dilengkapi dengan lampu indikator kualitas udara. Indikator hijau menunjukkan udara bersih dan sangat bagus, indikator biru menunjukkan kualitas udara biasa saja, dan indikator merah menandakan udara buruk karena terkontaminasi virus atau bakteri lainnya.

Gree Air Purifier GCCD400DENA mendapatkan predikat 'Air Purifier Pertama Di Indonesia Yang Dilengkapi CEP Technology Filter' berdasarkan hasil uji terbaru yang dilakukan SysLab. Udara yang dihasilkan dari Gree Air Purifier GCCD400DENA sebersih udara di sekitar air terjun serta mempunyai manfaat menambah vitalitas dan imunitas tubuh, menghilangkan virus dan bakteri, serta mempercepat penyembuhan pasien di rumah sakit.

Gree Air Purifier untuk menjernihkan udara ruanganGree Air Purifier tipe GCF200AANA Foto: Dok. Gree

Gree Air Purifier GCF200AANA

Selain itu, Gree juga mengeluarkan produk air purifier tipe GCF200AANA yang menjernihkan udara untuk menghasilkan udara bersih dan segar. Perbedaan dengan tipe sebelumnya, yaitu produk ini dilengkapi dengan dua sistem utama, yakni LED UV bebas merkuri dan fotokatalis yang dapat membasmi virus serta bakteri yang berterbangan di udara.

Gree Air Purifier GCF200AANA dilengkapi filter komposit. Dalam 1 filter memiliki tiga jenis lapisan, yaitu:

1.Primary Filter yang berfungsi menghilangkan alergi, debu, spora, serbuk sari hingga partikel kecil lainnya.

2. Activated Carbon Filter yang berfungsi menghilangkan bau tak sedap seperti asap atau zat kimia berbahaya.

3. True Hepa H13 berfungsi menyaring partikel PM 2.5 dan mengeliminasi 99.97% partikel halus berukuran 0.3 mikron.

Gree Air Purifier Virus Killer mendapatkan tiga sertifikat berstandar Amerika, serta memperoleh penghargaan dari Pusat Rekor Indonesia sebagai 'Produk Air Purifier Pembasmi Virus Terbaik'.

Air Purifier Gree GCF200AANA dapat menjangkau udara ruangan dalam rentang 35-50 meter persegi. Dengan jangkauan yang dimiliki, produk ini cocok diletakkan di ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, atau ruangan lain di kantor maupun rumah sakit. Pusat perbelanjaan, stasiun kereta, hingga bandara juga bisa memasangnya. Untuk mengoperasikan alat ini dibutuhkan daya 70 watt saja.

Air Purifier Gree Digunakan oleh Berbagai Rumah Sakit di Indonesia

Gree Air Purifier telah diuji coba di ruang pemeriksaan CT Rumah Sakit Wuhan Jinyintan selama 1 jam. Hasilnya menunjukkan alat tersebut dapat membasmi 90% virus Corona hingga bakteri berbahaya lainnya di udara.

Dengan pembuktian yang telah dilakukan, produk air purifier Gree kini digunakan di rumah sakit dan berbagai kantor instansi pemerintahan di Indonesia. Beberapa rumah sakit yang menggunakan produk Gree Air Purifier, antara lain Rumah Sakit Pelni Jakarta, RS Mitra Husada Kuningan Jabar, dan RS Sanglah Bali.

Penggunaan air purifier tersebut ditujukan untuk membantu penyembuhan pasien dengan cara menghilangkan debu, bakteri, hingga virus yang berada di udara. Selain bermanfaat untuk pasien, penggunaan air purifier juga memberi perlindungan untuk tenaga medis.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk, silahkan kunjungi www.gree.id atau dapat menghubungi Gree Customer Care di nomor: 0800-1-777-888 (bebas pulsa) atau 0852-1100-8887 (Whatsapp Chat).

(ads/ads)