Jumat, 01 Jan 2021 05:00 WIB

Tips BAB Pertama Sehabis Melahirkan Tanpa Derita Rasa Sakit

Kanya Anindita - detikHealth
Toilet BAB lancar sehabis melahirkan (Foto: iStock)
Jakarta -

Banyak ibu yang khawatir atas perubahan di tubuhnya pasca melahirkan, salah satunya saat harus buang air besar (BAB). Mereka merasa bingung bagaimana cara melakukannya.

Menurut dokter Obgyn Christine Masterson, M.D, masalah BAB wajar terjadi pada ibu pasca melahirkan. Beberapa hal memengaruhi pergerakan usus pasca melahirkan, seperti hormon, makanan yang dikonsumsi, dan seberapa banyak dia minum.

"Infeksi, virus, atau reaksi terhadap antibiotik yang digunakan di rumah sakit juga bisa memengaruhi pergerakan usus," katanya.

Sulit BAB biasanya dialami wanita yang melahirkan secara normal. Pada kondisi ini, wanita rentan mengalami konstipasi karena robekan, jahitan, dan ketegangan otot yang terjadi selama persalinan.

Jika menjalani operasi caesar, sulit BAB bisa disebabkan akibat mengonsumsi obat-obatan sebelum dan setelah persalinan. BAB pertama usai operasi caesar menyebabkan rasa sakit di lokasi bekas jahitan.

Terkadang, rasa sakit yang muncul saat ingin BAB akibat kondisi mental pada ibu. Mereka merasa stres karena takut terjadi nyeri saat BAB.

Sebaiknya, BAB pertama setelah melahirkan tidak ditahan. Semakin lama ditahan, semakin sulit menghilangkan rasa sakit saat buang air besar.

Bagaimana cara BAB pertama dengan mudah pasca melahirkan?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Strategi Menkes Budi Tekan Angka Kematian Pada Ibu Melahirkan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)