Sabtu, 02 Jan 2021 18:04 WIB

Khofifah Isolasi Mandiri karena Positif Corona, Begini Prosedurnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
gubernur khofifah Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa positif COVID-19. (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Jakarta -

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa positif terinfeksi virus Corona. Ia diketahui positif setelah hasil tes swab mingguan miliknya keluar.

Lewat akun Instagram pribadinya, Khofifah mengumumkan bahwa dirinya positif COVID-19 pada pukul 16.40 WIB. Ia juga mengatakan bahwa dirinya tengah melakukan isolasi mandiri dan tidak mengalami gejala apapun.

"Berdasarkan hasil swab reguler mingguan, saya dinyatakan positif terinfeksi COVID-19. Tidak ada gejala yang saya rasakan. Saat ini, saya menjalani isolasi mandiri," jelasnya melalui status di akun Instagram Khofifah seperti dikutip detikcom, Sabtu (2/1/2021).

Tak hanya itu, Khofifah juga memohon kepada seluruh masyarakat Jawa Timur untuk mematuhi protokol kesehatan. Ia meminta agar masyarakat tak menyepelekan virus tersebut.

Dalam menjalani isolasi mandiri seperti yang dilakukan Khofifah ini harus tepat dan benar. Hal ini untuk mencegah kemungkinan terjadinya penularan virus Corona pada orang-orang di sekitarnya.

Berdasarkan protokol isolasi mandiri dari Kementerian Kesehatan, berikut 8 poin yang perlu diikuti.

1. Selalu memakai masker dan membuang masker bekas di tempat yang ditentukan

2. Jika sakit (gejala demam, flu, dan batuk) maka tetap di rumah. Jangan pergi bekerja, sekolah, ke pasar atau ke ruang publik untuk mencegah penularan masyarakat.

3. Manfaatkan fasilitas telemedicine atau sosial media kesehatan dan hindari transportasi publik. Beritahu dokter dan perawat tentang keluhan dan gejala, serta riwayat bekerja ke daerah terjangkit atau kontak dengan pasien COVID-19.

4. Selama di rumah, bisa bekerja di rumah gunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lainnya, dan jaga jarak 1 meter dari anggota keluarga.

5. Tentukan pengecekan suhu harian, amati batuk dan sesak napas. Hindari pemakaian bersama peralatan makan, mandi, dan tempat tidur.

6. Terapkan perilaku hidup sehat dan bersih. Serta, konsumsi makanan bergizi, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan lakukan etika batuk dan bersin dengan benar.

7. Jaga kebersihan dan kesehatan rumah dengan cairan desinfektan. Selalu berada di ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi kurang lebih 15 hingga 30 menit.

8. Hubungi segera fasilitas pelayanan kesehatan jika sakit berlanjut seperti sesak napas, dan demam tinggi guna mendapatkan perawatan lebih lanjut.



Simak Video "Dampak Virus Corona, Ari Lasso Alami Infeksi Paru"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)