Senin, 04 Jan 2021 07:50 WIB

Hore! 62.560 Vaksin Corona Tiba di Jateng

Angling Adhitya Purbaya - detikHealth
Vaksin COVID-19 tiba di Semarang Vaksin COVID-19 tiba di Jateng (Foto: Istimewa)
Semarang -

Vaksin COVID-19 Sinovac yang didistribusikan ke Jawa Tengah sudah tiba di gudang farmasi Dinas Kesehatan Jawa Tengah. Dalam tahap ini Jateng menerima 62.560 dosis vaksin untuk COVID-19 tersebut.

Vaksin dibawa dengan beberapa truk, dikawal dengan mobil baracuda milik kepolisian. Rombongan tiba di gudang yang berada di daerah Tambakaji, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang itu pada pukul 03.00 WIB.

Kapolsek Ngaliyan Kompol R. Justinus yang ikut melakukan pengamanan di lokasi mengatakan dalam satu truk ada 32 karton berisi vaksin. Total vaksin yang dibawa 62.560 vaksin.

"Satu mobil boks ada 32 karton. Total vaksin yang diterima 62.560," kata Justinus di lokasi, Senin (4/1/2021).

Ia menambahkan penanganan dilakukan karena yang dikawal melakukan obyek penting. Meski demikian Justinus menjelaskan soal pendistribusian merupakan wewenang Pemerintah setempat atau Dinas Kesehatan.

"Adapun pendistribusian vaksin akan diatur dan ditata oleh jajaran Dinas Kesehatan," katanya.

Diberitakan sebelumnya, paket vaksin COVID-19 mulai didistribusikan ke 34 Provinsi di Indonesia mulai hari Minggu (3/1) kemarin.

"Betul. Mulai hari ini vaksin akan kami distribusikan ke 34 provinsi," kata Bambang Herianto, S.Si, Apt, juru bicara vaksin COVID-19 PT Bio Farma, dalam konferensi pers Minggu (3/1/2021).

Berbagai fasilitas dan saran termasuk rantai dingin atau cold chain, menurut Bambang sudah siap untuk mendukung distribusi vaksin. Ia optimistis tidak ada hambatan dalam proses tersebut.

"Vaksin ini sebetulnya kan bukan program pertama kali dilakukan di negara kita. Banyak sekali program-program vaksinasi yang sudah berjalan selama ini dan berjalan dengan baik dilakukan oleh kementerian kesehatan," tegasnya.



Simak Video "Fenomena Vaksin Covid-19 Kedaluwarsa di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(alg/up)