Jumat, 08 Jan 2021 07:05 WIB

Cara Tetap Produktif di 2021 dengan Adaptasi Kebiasaan Baru!

Content Promotion - detikHealth
Ilustrasi Protokol Kesehatan Foto: shutterstock
Jakarta -

Tahun sudah berganti akan tetapi pandemi COVID-19 masih terus membayangi kehidupan. Menghadapi Tahun Baru 2021, tentu kamu memiliki beragam resolusi dan aktivitas yang hendak dijalani. Meski di situasi pandemi COVID-19, kamu sebenarnya tetap bisa hidup produktif di tahun 2021 ini selama patuh dalam menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru.

Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) adalah istilah yang digunakan pemerintah selama pandemi berlangsung. Istilah ini diberikan oleh Kementerian Kesehatan sebagai bagian dari edukasi dalam menghadapi pandemi. Di masa AKB,masyarakat tidak lagi bisa kembali pada kehidupan normal seperti sebelum adanya pandemi tapi harus menciptakan normal baru dengan beradaptasi.

Berikut merupakan hal-hal yang bisa dilakukan selama kebiasaan baru selama pandemi, dilansir dari situs Satgas COVID-19 Republik Indonesia.

Tetap di Rumah

Cara yang paling aman untuk terhindar dari penularan virus COVID-19 adalah dengan menjaga diri sendiri dan tetap berada di rumah. Dengan tetap di rumah, kamu bisa meminimalisir kontak dengan orang sekitar.

Hal ini cukup penting terutama bagi orang dengan risiko tinggi, seperti orang lanjut usia dan orang yang memiliki riwayat penyakit berat, di antaranya sakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan paru. Jika timbul sakit atau gejala memburuk, jangan ragu untuk segera periksakan dan cari pengobatan yang aman, ya!

Gunakan Masker Saat Keluar Rumah

Penggunaan masker saat keluar rumah merupakan satu hal penting yang tidak boleh dilupakan di masa AKB. Dengan menggunakan masker, kamu bisa menghindari penularan virus yang mungkin terbawa dari diri sendiri atau dari orang lain yang tidak tampak memiliki gejala.

Masker harus digunakan dengan benar, menutupi bagian hidung, mulut, juga dagu. Penggunaan masker juga disarankan hanya untuk satu kali pemakaian. Untuk penggunaan masker kain, kamu harus segera mencucinya segera setelah dipakai sementara masker medis harus segera dibuang begitu sampai rumah.

Hindari Kontak dan Jaga Jarak

Selama masa AKB, kamu harus sebisa mungkin menghindari sentuhan atau kontak yang tidak perlu. Penting sekali untuk meminimalisir sentuhan di mata, hidung, dan mulut. Juga kontak pada barang yang sering kali dipegang oleh banyak orang, seperti pegangan pintu, uang, meja makan.

Penting juga di masa AKB untuk menjaga jarak minimal 1 meter saat berada di luar rumah. Sebisa mungkin hindari berjabat tangan langsung saat bersalaman atau menyapa orang lain karena sentuhan tersebut dapat menjadi pintu masuk virus.

Cuci Tangan dengan Sabun

Cuci tangan dengan sabun penting sekali untuk selalu dipraktikkan sebagai kebiasaan baru di masa adaptasi terhadap pandemi COVID-19. Pastikan cuci tangan dilakukan dengan tepat, minimal selama 20 detik dan dengan menggunakan sabun antibakteri.

Saat berada di luar rumah yang tidak tersedia sabun juga air mengalir, hand sanitizer yang mengandung alkohol juga dapat menjadi pengganti untuk tetap menjaga tangan agar bersih dari virus

Ikuti Perkembangan Informasi

Arus informasi di tengah pandemi terus berjalan dengan cepat. Penting sekali di masa adaptasi ini untuk terus mengikuti informasi terkini seputar pandemi COVID-19. Pilih sumber terpercaya, dan jangan mudah panik maupun percaya terhadap informasi hoax yang sering kali muncul di masa krisis seperti sekarang.

Dengan melakukan langkah-langkah sederhanan nan penting di masa adaptasi kebiasaan baru ini, kamu bisa tetap beraktivitas dengan produktif dan aman. Pastikan juga kamu selalu dalam kondisi fit dan segar sebelum beraktivitas.

Untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap produktif di masa adaptasi kebiasaan baru, penting juga untuk selalu memperhatikan asupan yang dikonsumsi. Pola makan penuh nutrisi harus selalu dijaga, serta diimbangi dengan makan sayur, buah, dan suplemen agar tubuh tetap segar dan sehat.

Samco FarmaFoto: Samco Farma

Konsumsi suplemen vitamin dapat ditambahkan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Salah satu vitamin yang dapat dikonsumsi ialah Samcorbex yang mengandung vitamin C sebanyak 500 mg dan membantu memenuhi kebutuhan asupan vitamin C harian. Samcorbex adalah multivitamin dari PT Samco Farma yang bisa membantu kamu meningkatkan daya tahan tubuh.

Konsumsi Samcorbex 1-2 kali sehari 1 kaplet salut gula dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama beraktivitas di musim penyakit ini. Selain itu, ada Samcemin dengan suplementasi vitamin C 100 mg yang bisa menjaga sistem imun sehingga mencegah infeksi virus Corona.

Saat ini, Samcorbex dan Samcemin bisa didapatkan di apotek-apotek terdekat dan e-commerce seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia. Keduanya juga bisa didapatkan melalui distributor-distributor PT Samco Farma yakni, PT Merapi Utama Pharma, PT Daya Muda Agung, dan PT Prima Galvin Sukses untuk area Jabodetabek atau dapat menghubungi Sales Representative, Almer di nomor 081288715581.

Bagi yang berada di luar Jabodetabek, saat ini keduanya bisa ditemukan pada distributor PT Cahaya Mutiara Farma untuk area Jawa Timur, PT Marrykha Mitra Mustika di Jawa Tengah, PT Kwatro mandiri Ekavisi di Jawa Barat, PT Mitra Bina Multi Sejahtera di Sumatera Utara, PT Talang Gugun Sari Nusantara di Sumatera Barat, PT Sinar Prima Lestari di Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Jambi, PT Aditama Makmur Sentosa di Lampung, PT Nitijaya Cipta Makmur di Banjarmasin, PT Sehat Inti Permata di Bali dan Lombok.



Simak Video "Mengenal Benzodiazepine, Obat yang Dipakai Millen Cyrus"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)