Kamis, 07 Jan 2021 13:06 WIB

Ketua Satgas COVID-19: Beberapa RS Kini Sudah Terisi 100 Persen

Firdaus Anwar - detikHealth
Petugas Satpol PP melakukan operasi tertib masker di kawasan depan Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (15/19). RS Wisma Atlet tidak hanya menampung pasien COVID-19 dari DKI Jakarta. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengakui tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) untuk pasien COVID-19 semakin tinggi. Beberapa rumah sakit (RS) bahkan sudah terisi 100 persen.

Doni menjelaskan saat ini di DKI Jakarta saja ruang isolasi COVID-19 sudah 87 persen terpakai dari total 7.700 tempat tidur yang disediakan. Sementara keterisian untuk ICU juga sudah di angka 84 persen.

"Padahal di DKI pada periode bulan Mei yang lalu itu BOR total ICU di DKI itu jumlahnya kurang dari 600 bed. Sekarang sudah ditambah menjadi sekitar 962 bed, ditambah terus," kata Doni dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB pada Kamis (7/1/2021).

"Beberapa rumah sakit memang sudah 100 persen. Tentunya kalau sudah 100 persen tidak bisa lagi ditampung sehingga ada beberapa warga, masyarakat, teman-teman kita yang meminta bantuan pada saya akhirnya kita alihkan ke tempat lain," lanjutnya saat menjawab soal mulai ramai keluhan warga ditolak RS.

Tingkat keterisian tempat tidur ini jadi cerminan situasi wabah COVID-19 di Indonesia.

Doni mengimbau agar seseorang yang terdeteksi positif langsung isolasi mandiri. Bila tidak mampu atau tempatnya tidak layak maka minta bantuan satgas atau otoritas setempat agar diarahkan ke fasilitas yang sudah disediakan.

"Sekali lagi kita harus segera melakukan berbagai langkah dan upaya agar rumah sakit ini tidak boleh penuh. Kalau penuh tentu akan menimbulkan rasa khawatir dan juga berdampak panik pada masyarakat," pungkas Doni.



Simak Video "Satgas Jelaskan Prosedur Penjemputan Pasien Positif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)