Jumat, 08 Jan 2021 07:20 WIB

4 Alasan Harus Banyak Minum Air Putih Biar Diet Nggak Sia-sia

Zintan Prihatini - detikHealth
Tired female athlete drinking fresh water while resting from exercising class in a health club. Minum air putih (Foto: iStock)
Jakarta -

Rutin minum air putih bisa memberikan banyak mafaat kesehatan. Air yang masuk, dapat mengatur banyak fungsi dalam tubuh termasuk membantu menurunkan berat badan.

Jika saat ini kamu sedang menjalani diet sehat dan berolahraga secara teratur, pastikan untuk mengonsumsi cukup air setiap hari guna membantu penurunan berat badan. Air berperan dalam penurunan berat badan pada sistem pencernaan dan fungsi otot.

Studi yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa minum lebih banyak air dapat membantu dalam mengatur berat badan dan penurunannya.

Dikutip dari Healthshots, berikut empat alasan harus banyak mengonsumsi air putih saat diet.

1. Konsumsi air putih membantu membakar lebih banyak kalori

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Acta Physiologica menemukan bahwa 12 peserta penelitian yang minum setengah liter air dingin dan air suhu ruangan, masing-masing membakar antara dua dan tiga persen lebih banyak kalori. Dalam studi tersebut, peserta mengalami peningkatan pengeluaran energi. Selain itu, minum air dingin dapat membakar lebih banyak kalori dalam tubuh.

2. Air putih menekan nafsu makan

Minum air putih sebelum makan lebih disarankan bagi mereka yang ingin mengontrol jumlah kalori yang dikonsumsi. Melakukan hal itu akan mengisi perut dan membantu menghindari makan berlebihan.

Dalam studi yang sama, peneliti menemukan bahwa 50 keluarga yang minum setengah liter air sebelum makan mengalami penurunan berat badan, lemak tubuh, dan indeks massa tubuh dalam delapan minggu. Maka, minum air putih sebelum makan dapat membantu melancarkan program diet.

3. Minum air putih bisa membakar lemak

Air putih membantu sistem pencernaan dan memetabolisme lemak serta karbohidrat yang tersimpan. Saat mengonsumsinya, air berkontribusi untuk membakar lemak ekstra di tubuh.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Nutrition juga menegaskan bahwa peningkatan asupan air dapat membantu menghilangkan lemak tak sehat di tubuh.

4. Sebagai pengganti minuman berkalori

Disadari atau tidak, banyak orang cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori dari cairan selain air putih. Minum air putih adalah cara yang bagus untuk menghindari konsumsi kalori ekstra dari minuman lain seperti soda, jus, kopi, dan teh manis.

Studi yang diterbitkan dalam The Americal Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa ketika para peserta mengganti minuman berkalori tinggi dengan minuman non-kalori setiap hari selama enam bulan, mereka menghilangkan sekitar 2 hingga 2,5 persen berat badan. Jadi, jika sudah melakukan diet maka tambahlah asupan air putih yang efektif dalam menurunkan berat badan.



Simak Video "Kenapa Saat Demam Dianjurkan Banyak Minum Air Putih?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)