Selasa, 12 Jan 2021 14:02 WIB

Setahun Bebas Corona, Negara Ini Laporkan Kasus COVID-19 Pertama

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Full view of Palau Malakal Island and Koror - World heritage site - Federasi Serikat Mikronesia laporkan kasus pertama COVID-19 di negaranya. (Foto: iStock)
Jakarta -

Penyebaran virus Corona COVID-19 semakin luas. Federasi Serikat Mikronesia, negara kepulauan di Samudra Pasifik, yang sebelumnya terbebas dari penyakit ini, kini melaporkan kasus pertama COVID-19.

Dikutip dari AFP, kasus pertama COVID-19 ini dilaporkan pemerintah Mikronesia pada Senin (11/1/2021) waktu setempat. Presiden Mikronesia, David Panuelo, mengatakan saat ini kasus pertama tersebut telah dikarantina sebelum masuk ke negaranya.

Panuelo pun meminta para penduduknya yang berjumlah 100 ribu orang itu supaya tetap tenang. "Jangan panik karena situasinya terkendali," ucapnya.

Panuelo menjelaskan, kasus pertama COVID-19 di negaranya adalah seorang awak kapal Chief Mailo, yang merupakan kapal milik pemerintah. Sebelumnya kapal tersebut berada di Filipina untuk keperluan perbaikan kapal.

Pemerintah Mikronesia pun meminta agar seluruh awak kapal Chief Mailo untuk tidak turun ke darat. Kapal tersebut kini sudah dijaga ketat oleh aparat setempat.

"Saat ini kami masih dalam 'status siaga IV'. Artinya, sekolah, gereja, dan tempat usaha masih tetap diperbolehkan dibuka," kata Panuelo.

Sebelumnya, negara-negara kepulauan di Samudra Pasifik, seperti Vanuatu, Kepulauan Solomon, Kepulauan Marshall, Samoa telah melaporkan kasus COVID-19 pertamanya. Meski begitu, hingga saat ini belum ada laporan terjadinya kasus penularan COVID-19 di tengah masyarakat di negara tersebut.

Sementara itu, sejumlah negara kepulauan, seperti Nauru, Palau, Tonga, dan Tuvalu sampai saat ini dilaporkan masih bebas dari COVID-19.



Simak Video "WHO Jelaskan Alasan Kasus Baru COVID-19 Dunia Naik Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)