Sabtu, 16 Jan 2021 14:58 WIB

Sakit Jantung, Boleh Vaksin COVID-19? Ini Rekomendasi Resminya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Sebanyak 14 tenaga medis di Depok menjalani proses vaksinasi COVID-19. Para tenaga medis itu disuntik vaksin Sinovac. Sakit jantung, masih boleh divaksin COVID-19? Ini rekomendasi resminya. (Foto: Dedy Istanto/Detikcom)

Rekomendasi PP PERKI soal vaksinasi COVID-19 untuk pengidap penyakit jantung:

1. Vaksinasi merupakan salah satu upaya pencegahan yang seharusnya layak diberikan pada individu yang rentan untuk mengalami komplikasi bila terinfeksi COVID-19 termasuk di dalamnya mereka dengan penyakit kardiovaskular.

2. Belum ada data yang cukup kuat terkait keamanan pemberian vaksin pada kelompok individu dengan penyakit kardiovaskular.

3. Penyakit kardiovaskular yang masih bergejala/simptomatik (tidak stabil) dalam 3 bulan terakhir dipertimbangkan untuk tidak diberikan vaksin COVID-19 sampai tersedia keamanan dalam uji klinik.

4 Gejala atau symptom penyakit kardiovaskular tidak stabil yang dimaksud pada poin 3 antara lain: Sesak nafas, angina (nyeri/rasa tidak nyaman sekitar dada), mudah capek, keterbatasan aktivitas, berdebar, kaki bengkak, dan penurunan kesadaran.

5. Penyakit gagal jantung kronik stabil atau tanpa gejala dalam 3 bulan layak untuk diberikan vaksinasi.

6. Penyakit hipertensi tanpa gejala dengan tekanan darah terkontrol atau stabil (kurang dari 140/90 mmHg) layak untuk diberikan vaksinasi.

7. Individu dengan penyakit jantung koroner yang sudah dilakukan prosedur revaskularisasi komplit (PCI/CABG) tanpa gejala dalam 3 bulan layak dipertinmbangkan untuk vaksinasi.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Apakah Tubuh Jadi Kebal COVID-19 Setelah Divaksin? "
[Gambas:Video 20detik]

(naf/up)