Senin, 18 Jan 2021 21:08 WIB

Cerita Zaskia Sungkar Divonis Susah Hamil Gara-gara Diabetes

Farah Nabila - detikHealth
Acara 7 Bulanan Zaskia Sungkar Zaskia Sungkar (Foto: YouTube)
Jakarta -

Kisah perjalanan Zaskia Sungkar dan Irwansyah untuk mendapatkan sang buah hati terbilang tak mudah. Sebelum mengumumkan kehamilan anak pertama, keduanya diketahui telah mencoba beragam usaha, namun terus mengalami kegagalan.

Nyatanya, Zaskia sempat mengalami putus asa. Dikutip dari HaiBunda, hal ini karena dokter yang memeriksa mengatakan, ia disebut sulit bahkan tak akan pernah bisa hamil. Pengalaman tersebut diceritakan Zaskia dan Irwansyah di YouTube milik Daniel Mananta, beberapa waktu yang lalu.

"Beberapa dokter yang gue datangin sebelumnya, itu ada yang ketus banget, yang bilang dari mulai gue baru nikah berapa tahun lah ada satu dokter yang buat gue trauma," ujar Zaskia Sungkar, dikutip dari YouTube Daniel Mananta Network, Minggu (17/1/2021).

Bukan tanpa alasan, dokter mengatakan hal tersebut karena Zaskia memiliki penyakit keturunan, yakni diabetes.

"Kamu ini ada keturunan diabetes, kamu bakal susah punya anak," kenang Zaskia, mengingat kata-kata dokter tersebut.

Zaskia mengaku bahwa saat itu, ia merasa drop dan trauma. Hingga akhirnya, ia pun hanya pasrah dan sabar menghadapi masalah tersebut.

"Ya sudah gue pasrah saja. Kalau takdirnya gue bakal ngelahirin anak sebelum meninggal ya itu bakal terjadi," tuturnya.

Setelah divonis tak bisa hamil tersebut, Zaskia mengakui dirinya mulai merasa iri pada teman-temannya yang sudah punya anak. Tetapi, saat rasa trauma yang dirasakan mulai pudar, ia kembali memberanikan diri untuk mendatangi dokter berbeda dan melakukan konsultasi terkait kehamilan.

"Habis itu mundur lagi setahun lagi, baru datang lagi ke dokter yang berbeda," kata Zaskia Sungkar.

Sayangnya, saat pemeriksaan tersebut, ia justru divonis endometriosis dan fibroid. Situasi inilah yang akhirnya membuat Zaskia harus menjalani operasi di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 2017.

"Di situ dibilangnya IVF (In Vitro Fertilization) patut dicoba karena waktu itu, gue masalahnya endometriosis, akhirnya operasi dahulu di Malaysia, terus ada polip. Masalahnya banyak sampai gue operasi tiga kali," ungkapnya.

Lalu, bagaimana akhirnya keberhasilan proses bayi tabung Zaskia Sungkar dan Irwansyah?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Dokter Ungkap Alasan Zaskia Sungkar Melahirkan Secara Sesar"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)