Selasa, 19 Jan 2021 05:22 WIB

Kata Dokter Soal Rasanya Disuntik Vaksin Corona: Pegel!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
dr Falla Adinda mendapat suntikan vaksin COVID-19 dr Falla Adinda membagikan pengalaman disuntik vaksin COVID-19 (Dok. Pribadi)
Topik Hangat Siap Divaksin!
Jakarta -

Tenaga kesehatan menjadi kelompok prioritas penerima vaksin COVID-19 Sinovac. Pelaksanaan vaksinasi untuk tenaga kesehatan sudah dimulai sejak 14 Januari lalu dan dilakukan secara bertahap.

Seusai vaksinasi, tak sedikit dokter yang membagikan pengalamannya. Salah satunya dr Falla Adinda, dokter influencer yang juga bertugas di Satgas Nasional Subdit Mitigasi COVID-19. Ia menceritakan efek yang dirasakan sehabis vaksinasi.

"Pegel aja," katanya kepada detikcom, Senin (18/1/2021).

Lebih lanjut, melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, dr Falla mengungkap alasan mengapa dirinya bersedia divaksinasi. Menurutnya, vaksinasi bukan hanya tentang melindungi diri sendiri.

Kata dokter yang pernah menjadi relawan di Wisma Atlet ini, dengan vaksinasi, banyak yang bisa ikut meringankan beban para tenaga kesehatan lainnya yang masih terus berjuang untuk membantu menyembuhkan pasien COVID-19 di rumah sakit.

[Gambas:Instagram]



Efikasi vaksin Sinovac di Indonesia berada di kisaran 65 persen dalam uji klinis di Bandung, menurutnya sudah sangat cukup untuk menurunkan tingkat keparahan penyakit hingga ke level ringan. Mereka yang sudah divaksin, meski masih bisa tertular, tidak perlu sampai menggunakan ventilator dan dirawat di ICU.

"Lagi-lagi, hidup bukan hanya tentang kita. Walau 65 persen, mudah-mudahan ke depannya saya bisa saja tak terinfeksi, tapi 35 persen saya masih bisa jadi OTG (Orang Tanpa Gejala)," tulisnya.

Selain itu, dr Falla juga mengingatkan meski telah divaksinasi, bukan berarti protokol kesehatan lantas ditinggalkan. Upaya pencegahan seperti 3M yakni mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker, tetap harus dilakukan.

"Intinya, vaksinasi COVID-19 ini adalah wujud tanggung jawab kemanusiaan. Sebuah gerakan untuk bahu membahu memulihkan Indonesia. Usaha kita bersama untuk membantu tenaga kesehatan, membantu rumah sakit, juga agar tidak lagi jatuh korban dan tangis nyeri kehilangan keluarga di tengah pandemi," pungkasnya.



Simak Video "Vaksin COVID-19 Karya RI Pakai Sel Dendritik, Ini Cara Kerjanya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)
Topik Hangat Siap Divaksin!