Selasa, 19 Jan 2021 07:00 WIB

Masih Ada Pasien COVID-19 Tertahan di IGD, Ini Kata Dinkes Yogyakarta

Pradito Rida Pertana - detikHealth
Mewabahnya COVID-19 berdampak kepada semua sektor, khususnya pariwisata. Seperti halnya di Yogyakarta, kawasan Malioboro yang biasanya ramai kini sepi. Ilustrasi Yogyakarta (Foto: Pradito Rida Pertana)
Yogyakarta -

Dinas Kesehatan (Dinkes) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebut hingga saat ini masih ada pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang dirawat di IGD sembari menunggu tempat tidur untuk rawat inap. Dinkes menyebut akan terus menambah jumlah tempat tidur.

"Untuk hari ini belum dapat report (angka berapa pasien COVID-19 yang dirawat di IGD)," kata Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie kepada detikcom, Senin (18/1/2021).

Dia juga belum bisa menjelaskan ada berapa pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang menunggu antrean rawat inap di RS rujukan COVID-19. Namun, dia mengaku hingga hari ini masih ada pasien positif COVID-19 yang menjalani perawatan di IGD.

"Sebagian njih (masih ada pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang dirawat di IGD rumag sakit rujukan COVID-19)," ucapnya.

Oleh karena itu, saat ini pihaknya terus berupaya untuk menambah tempat tidur (TT) di 27 rumah sakit (RS) rujukan COVID-19 di DIY. Semua itu, kata Pembajun, agar penanganan untuk pasien positif COVID-19 di DIY tetap maksimal.

"Ketersediaan tempat tidur di RS sudah bertambah. Semoga minggu ini bertambah lagi TT di 27 rumah sakit rujukan COVID-19," ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan COVID-19 Berty Murtiningsih mengaku belum bisa mengungkapkan data ketersediaan TT di 27 rumah sakit rujukan COVID-19. Pasalnya, sejak kemarin Minggu (17/1/2021) masih dalam perbaikan sistem pencatatan dan pelaporan ketersediaan TT.

"Berhubung perbaikan sistem pencatatan dan pelaporan ketersedian tempat tidur rumah sakit rujukan COVID-19, maka data TT RS (rujukan COVID-19) belum bisa publish," ucapnya kepada detikcom.

Sedangkan merujuk data harian Gugus Tugas Penanganan COVID-19 DIY, penggunaan tempat tidur RS rujukan COVID-19 di DIY hari Sabtu (16/1/2021), khususnya untuk TT critical masih tersedia 76 dan digunakan 62. Sehingga saat ini sisa 14 TT.

Selain itu, untuk jumlah tempat non critical juga masih tersedia di 27 RS rujukan COVID-19 di DIY. Di mana untuk tempat tidur yang non critical, ketersediaan ada 677 tempat tidur, penggunaan 616 tempat tidur. Sehingga sisanya 61 tempat tidur.

Sebelumnya, Dinkes DIY menyebut terjadi antrean bagi pasien positif COVID-19 yang ingin mendapat perawatan di rumah sakit. Hal itu karena perlu penyesuaian khusus untuk menangani pasien COVID-19.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Studi Inggris: Antibodi Bisa Bertahan 6 Bulan Pasca Terinfeksi Corona"
[Gambas:Video 20detik]