Selasa, 19 Jan 2021 09:29 WIB

Deretan Lansia Penerima Vaksin COVID-19, Nenek 108 Tahun hingga Joe Biden

Firdaus Anwar - detikHealth
Sebanyak 14 tenaga medis di Depok menjalani proses vaksinasi COVID-19. Para tenaga medis itu disuntik vaksin Sinovac. Deretan lansia penerima vaksin COVID-19. (Foto ilustrasi: Dedy Istanto/Detikcom)
Jakarta -

Penerimaan vaksin COVID-19 pada lansia jadi sorotan khusus. Lansia disebut-sebut termasuk kelompok rentan, namun sebagian produsen vaksin belum atau masih melakukan uji klinis untuk kelompok ini sehingga beberapa negara tidak memprioritaskannya.

Namun demikian ada juga negara yang menempatkan lansia sebagai kelompok awal penerima vaksin COVID-19.

Berikut beberapa contoh tokoh lansia yang dilaporkan menjadi salah satu penerima suntikan vaksin:

1. Recep Tayyip Erdogan

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dikabarkan menerima suntikan vaksin COVID-19 yang diproduksi Sinovac. Pria berusia 66 tahun ini menerima suntikan pertamanya di Rumah Sakit Kota Ankara pada Kamis (14/1/2021).

Berbicara kepada wartawan di luar rumah sakit, Erdogan mengatakan dia dan semua anggota senior Partai Adalet ve Kalkınma (AK) akan divaksinasi.

"Jumlah vaksin pada tahap pertama sudah jelas. Sekarang, 25-30 juta dosis lagi akan datang dalam periode mendatang. Kita ingin melanjutkan ini dengan cepat," kata Erdogan seperti dikutip dari Reuters.

2. Joe Biden

Presiden Amerika Serikat terpilih, Joe Biden, sudah menerima dua suntikan vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh Pfizer-BioNTech. Pria berusia 78 tahun tersebut menunjukkan momen saat dirinya disuntik pada media untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat.

"Saya melakukan ini untuk menunjukkan bahwa orang harus siap ketika vaksin tersedia. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan," kata Biden dikutip dari Reuters.

3. Nenek 90 tahun di Swiss

Seorang wanita berusia 90 tahun dilaporkan jadi penerima pertama vaksin COVID-19 buatan Pfizer-BioNTech di Swiss. Otoritas kota Lucerne, tempat wanita tersebut tinggal, mengatakan lansia di panti jompo akan menjadi prioritas mendapat suntikan vaksin.

"Penghuni panti jompo akan jadi yang pertama mendapat suntikan vaksin," katanya seperti dikutip dari NDTV.

4. Margaret Keenan

Inggris sebagai salah satu negara pertama di dunia yang memulai program vaksinasi COVID-19 massal memberikan suntikan vaksin pada nenek berusia 91 tahun. Margaret Keenan yang kala itu akan berulang tahun menyebutnya sebagai "kado terbaik".

"Saya merasa suatu kehormatan untuk jadi orang pertama yang divaksinasi COVID-19," kata Margaret seperti dikutip dari BBC.

Margaret diketahui mendapat suntikan vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh Pfizer-BioNTech.

5. Edith Kwoizalla

Edith Kwoizalla jadi salah satu lansia berusia 101 tahun pertama di Jerman yang mendapat suntikan vaksin COVID-19 buatan Pfizer-BioNTech. Ia mendapat vaksin bersama 40 penghuni dan 10 staf panti jompo lainnya.

6. Fatima Negrini

Sementara itu di Italia, Fatima Negrini jadi lansia tertua yang dilaporkan mendapat suntikan vaksin COVID-19 buatan Pfizer-BioNtech. Wanita berusia 108 tahun tersebut diketahui beberapa bulan sebelumnya sudah pernah terinfeksi oleh virus dan berhasil sembuh.

Kedatangan vaksin ini jadi kabar gembira untuk Fatima, seluruh tamu, dan staf... Ini mewakilkan momen kegembiraan luar biasa dan jadi langkah pertama untuk kembali ke kehidupan seperti sedia kala," kata juru bicara panti jompo tempat Fatima tinggal, Matteo Tessarollo, pada AFP.



Simak Video "Polemik Vaksinasi yang Dibayang-bayangi Kematian"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)