Rabu, 20 Jan 2021 05:26 WIB

Round Up

Sederet Hoax Vaksin Jokowi, Disebut Salah Suntik hingga Tak Sampai Habis

Tim detikHealth - detikHealth
Hoax penyuntikan vaksin COVID-19 untuk Jokowi Hoax penyuntikan vaksin COVID-19 untuk Jokowi (Foto: Viral)

2. Vaksin tidak habis

Informasi viral berikutnya menyebut ada yang aneh pada spuit atau syringe penyuntikan vaksin Jokowi. Menurut video singkat yang beredar, spuit atau alat suntik dicabut dari lengan kiri Jokowi ketika vaksinnya belum habis.

"Lho, ijik wutuh. Ijik wutuh wis dicabut, heh!" demikian narasi yang menyertai rekaman video tersebut, yang artinya kurang lebih mengomentari bagian biru spuit terlihat masih utuh ketika dicabut.

FAKTANYA

Bagian biru yang disebut-sebut dalam rekaman video viral itu adalah plastik sambungan yang menghubungkan jarum dengan tabung suntikan. Bagian ini memang tidak akan mengalami perubahan apapun karena hanya berfungsi sebagai sambungan.

Sedangkan yang lebih bisa menggambarkan apakah vaksin sudah disuntikkan sampai habis atau belum adalah bagian berwarna hitam, yang merupakan karet pendorong pada bagian yang disebut plunger.

Dalam video live terlihat jelas, posisi karet berwarna hitam sudah mentok ketika spuit diangkat dari lengan kiri Jokowi. Untuk diketahui, volume penyuntikan vaksin sesuai dosis yang diatur dalam petunjuk teknis adalah 0,5 ml perdosis.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "2 Kelompok yang Paling Rentan Terkena Hoaks Vaksin COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)