Rabu, 20 Jan 2021 19:01 WIB

7 Gejala COVID-19 yang Paling Umum Dialami Pasien Corona, Ini Daftarnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Jakarta -

Saat terinfeksi COVID-19, berbagai gejala bisa saja muncul dari hari pertama. Misalnya seperti demam, batuk, hingga kehilangan kemampuan indra penciuman dan perasa atau anosmia.

Dari banyaknya gejala yang muncul, mana yang paling umum dirasakan pasien pasca terinfeksi virus Corona?

Untuk mengetahuinya, salah satu studi di China mengumpulkan data tentang karakteristik klinis pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit. Peneliti memeriksa karakteristik klinis dari 138 pasien rawat inap yang mengalami pneumonia akibat terinfeksi virus Corona di Wuhan, China.

Para pasien dipantau antara 1 Januari hingga 3 Februari 2020 lalu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui dan memahami bagaimana gejala COVID-19 yang berkembang dan prevalensinya.

Dari studi tersebut, para peneliti akhirnya mengurutkan gejala pasien COVID-19 dari yang paling umum hingga yang paling jarang dialami. Berikut urutannya, dikutip dari Express UK.

  • Demam: 99 persen
  • Kelelahan: 70 persen
  • Batuk kering: 59 persen
  • Kehilangan nafsu makan: 40 persen
  • Nyeri tubuh: 35 persen
  • Sesak napas: 31 persen
  • Batuk berdahak atau berlendir: 27 persen

Untuk gejala yang kurang umum atau jarang dialami pasien COVID-19, yaitu sakit kepala, pusing, sakit perut, diare, mual, dan muntah.

Sebanyak 14 pasien dalam studi tersebut atau sekitar 10,1 persen awalnya datang ke rumah sakit dengan diare dan mual. Sampai dua hari setelahnya, mereka baru mengalami demam dan dispnea atau sesak napas.



Simak Video "Reaksi Kulit yang Bisa Terjadi Pada Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)