Kamis, 21 Jan 2021 09:42 WIB

Daftar 8 Bahan Rumahan yang Ampuh Usir Flu di Musim Hujan

Zintan Prihatini - detikHealth
Warga beraktivitas di bawah guyuran air hujan di Kemayoran, Sabtu (9/1/2021). Badan Meteorologi, KliĀ­matologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah Indonesia saat ini sudah memasuki puncak musim hujan. Periode ini akan bertahan hingga Februari mendatang. Flu rawan menyerang di musim hujan (Foto: Ari Saputra)

6. Sup ayam

Sup ayam merupakan pilihan yang tepat ketika memiliki gejala flu dan batuk. Penelitian menunjukkan bahwa semangkuk sup ayam dengan sayuran, dapat memperlambat pergerakan neutrofil atau jenis sel darah putih di tubuh yang membantu melindunginya dari infeksi.

Studi itu pun menemukan bahwa sup ayam efektif mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas. Makanan ini rendah natrium, dan memiliki nilai gizi yang tinggi untuk membantu tetap terhidrasi.

7. Kencur

Kencur dapat dikonsumsi untuk mengurangi gejala flu. Kandungan di dalam kencur dapat menghangatkan, menghilangkan rasa sakit, memudahkan pengeluaran air dari tubuh, dan membantu mengencerkan dahak.

8. Nanas

Nanas mengandung enzim bromelain yang berkhasiat sebagai anti peradangan, memecah lendir, dan mengeluarkannya dari tubuh. Nanas dapat dikonsumsi secara langsung setelah dikupas dan dicuci bersih. Namun, nanas tidak dianjurkan bagi mereka yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah dan antibiotik tertentu.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Laporan Rusia soal Pertama Kalinya Flu Burung H5N8 Menular ke Manusia"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)