Kamis, 21 Jan 2021 22:30 WIB

Perlu Sedia, Ini 7 Vitamin Pencegah COVID-19

Kanya Anindita - detikHealth
man hand holding his nutritional supplemets, healthy lifestyle background. Vitamin pencegah COVID-19 (Foto: iStock)
Jakarta -

Salah satu cara menjaga kesehatan di masa pandemi yang tak kunjung usai adalah mengonsumsi vitamin pencegah COVID-19. Vitamin pencegah COVID-19 juga memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari Corona.

Vitamin pencegah COVID-19 ini banyak jenisnya dan mudah ditemukan. Selain vitamin pencegah COVID-19, mengonsumsi makanan sehat juga membantu kita terhindar dari berbagai jenis virus dan penyakit.

Dikutip dari Medicinenet, berikut 7 vitamin pencegah COVID-19 yang bisa dikonsumsi:

1. Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin pencegah COVID-19 sekaligus memperkuat sistem imun tubuh. Vitamin ini juga diketahui dapat membantu meredakan sakit pilek.

Vitamin C mengandung antioksidan yang dapat menurunkan risiko peradangan paru-paru akibat COVID-19. Vitamin C bisa ditemukan pada jeruk, stroberi, pepaya, paprika merah, dan bayam.

2. Vitamin D

Vitamin pencegah COVID-19 lainnya adalah vitamin D. Vitamin D membantu tubuh Anda mempertahankan kadar kalsium dan fosfor dalam darah yang bisa diperoleh dari paparan sinar matahari.

Berdasarkan studi klinis yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacology and Pharmacotherapeutics, vitamin D juga membantu melindungi Anda dari infeksi saluran pernapasan. Untuk mendapatkan asupan vitamin D, bisa mengonsumsi ikan salmon, tuna, dan susu kedelai.

3. Vitamin B6

Jenis vitamin pencegah COVID-19 ini penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin B6 bisa didapat dari ayam dan sayuran hijau seperti buncis.

4. Seng

Selain menjaga sistem kekebalan tubuh, seng sebagai vitamin pencegah COVID-19 juga membantu meringankan hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. Asupan nabati yang mengadung seng bisa ditemukan pada yoghurt, sayur buncis, kacang panggang, sedangkan asupan hewani bisa ditemukan pada kerang, tiram, dan kepiting.

Apa lagi yang termasuk vitamin pencegah COVID-19? Klik halaman selanjutnya.

5. Selenium

Selenium termasuk vitamin pencegah COVID-19 yang memiliki efek kuat bagi sistem kekebalan tubuh untuk mencegah infeksi. Untuk mendapatkan asupan selenium, bisa mengonsumsi daging merah, daging unggas, dan makanan laut (tuna dan sarden).

6. Vitamin A

Vitamin A sebagai salah satu vitamin pencegah COVID-19 berfungsi sebagai penangkal infeksi yang tersedia pada makanan hewani seperti ikan, daging, dan produk susu. Makanan nabati yang mengandung vitamin A adalah wortel, labu, dan ubi jalar.

7. Vitamin E

Sama halnya dengan vitamin C, jenis vitamin pencegah COVID-19 ini mengandung antioksidan kuat yang membantu tubuh melawan infeksi. Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin E adalah kacang almond, biji bunga matahari, dan kacang hazel.



Simak Video "Selain Vitamin D, Asupan Mikronutrien Lain Penting Loh untuk Imun"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)