Jumat, 22 Jan 2021 11:17 WIB

3 Gejala COVID-19 pada Kulit yang Kerap Tak Disadari Saat Terinfeksi

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Closeup girl is scratching her hand with nails. Reddened, inflamed body parts causes discomfort and itching. Young woman is suffering from bouts of allergies. Dermatological skin diseases concept. Gejala COVID-19 pada kulit. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/monstArrr_)
Jakarta -

Semakin banyak gejala COVID-19 tak biasa yang kerap dikeluhkan pasien Corona. Para ilmuwan mengungkap beberapa tanda pada kulit yang bisa menjadi tanda awal infeksi COVID-19.

Menurut British Association of Dermatologist, ada tiga gejala COVID-19 pada kulit yang paling umum dialami para pasien di awal terpapar. Termasuk ruam hingga bibir kering.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa ruam lebih dapat menunjukkan tanda awal infeksi COVID-19 daripada demam dan batuk, terutama pada anak-anak," jelas konsultan dermatologis, Veronique Bataille, dikutip dari Express UK.

"Kami menemukan bahwa satu dari enam anak mengalami ruam tanpa gejala klasik atau gejala COVID-19 umum lainnya," bebernya.

Menurutnya, sebagian besar ruam gejala COVID-19 berlangsung selama beberapa minggu hingga hilang dengan sendirinya. Namun, dalam beberapa kasus, adapula obat yang diresepkan dokter saat ruam terasa sangat gatal.

Berikut tiga kondisi pada kulit yang bisa jadi menunjukkan gejala awal infeksi COVID-19.

1. Ruam

"Beberapa pasien COVID-19 mengalami ruam pada kulit mereka," demikian lapor Covid Symptom Study.

Bagaimana jenis ruam yang paling umum ditemukan pada pasien COVID-19?

Jenis ruam biasanya sangat gatal dam gampak seperti bercak-bercak atau bintil yang muncul secara mendadak pada kulit. Kondisi ini bisa datang dan pergi selama beberapa jam.

Beberapa pasien Corona lain mengalami gejala COVID-19 ruam mirip dengan cacat air, hingga adapula yang terasa seperti 'biang keringat'.

2. Bibir kering

Selain ruam, gejala COVID-19 yang muncul, bisa ditandai dengan bibir kering. Beberapa pasien Corona mengeluhkan bibir kering dan bersisik yang tidak biasa, meskipun biasanya gejala Corona ini muncul di akhir infeksi.

Rasa sakit juga di dalam mulut juga bisa dialami pasien Corona, akibat bibir kering.

3. Covid-toe

Jenis ruam kulit yang paling spesifik untuk pasien COVID-19 berikutnya adalah di jari tangan dan kaki mereka.

Ruam ini sering disebut chilblains, dan relatif jarang terjadi sebelum pandemi Corona. Ini menyebabkan benjolan merah atau ungu di jari tangan atau kaki, bahkan bisa terasa sangat sakit. Lapisan atas kulit mungkin akan mengelupas akibat ruam, meskipun biasanya gejala COVID toe tidak gatal.



Simak Video "Reaksi Kulit yang Bisa Terjadi Pada Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)