Minggu, 24 Jan 2021 19:30 WIB

Promosi Ramuan Herbal Tangkal Corona, Menkes Sri Lanka Positif COVID-19

Kanya Anindita - detikHealth
COVID-19 named by WHO for Novel coronavirus NCP concept. Doctor or lab technician in PPE suit holding blood sample with novel (new) coronavirus  in Wuhan, Hubei Province, China, medical and healthcare Percaya ramuan dukun, Menteri Kesehatan Sri Lanka positif COVID-19. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Pornpak Khunatorn)
Jakarta -

Menteri Kesehatan Sri Lanka Pavithra Wanniarachchi yang sempat mempromosikan sirup herbal untuk mencegah Corona, dinyatakan positif COVID-19. Ia positif Corona Jumat (22/1/2021) usai dua kali dites, demikian keterangan Viraj Abeysinghe, sekretaris media di Kementerian Kesehatan Sri Lanka.

Perlu diketahui, obat herbal yang dipromosikan dirinya adalah racikan seorang dukun. Sirup tersebut diklaim sebagai suntikan seumur hidup yang ampuh melawan COVID-19.

Wanniarachchi secara terbuka mengonsumsi dan mendukung sirup tersebut sebagai cara menghentikan penyebaran Corona. Dukun yang menemukan sirup dengan kandungan madu dan pala itu, mengatakan resep itu didapatnya dari sebuah mimpi.

Wanniarachchi adalah menteri keempat yang dinyatakan positif Corona. Seorang menteri muda, yang juga meminum ramuan tersebut, juga dinyatakan positif awal pekan ini. Wanniarachchi telah diminta untuk mengisolasi diri dan semua orang yang telah kontak langsung dengannya juga sudah diisolasi.

Para dokter di negara itu telah membatalkan klaim bahwa sirup herbal itu berfungsi untuk melawan Corona. Namun, kantor berita AFP melaporkan bahwa ribuan orang telah pergi ke sebuah desa untuk mendapatkan ramuan tersebut.

Sri Lanka mencatat 56.076 kasus dan 276 kematian sejak pandemi dimulai, dengan kasus melonjak dalam beberapa bulan terakhir. Setelah berita Menteri Kesehatan Sri Lanka positif COVID-19, Sri Lanka menyetujui penggunaan darurat vaksin Corona Oxford/AstraZeneca.



Simak Video "Studi Inggris: Antibodi Bisa Bertahan 6 Bulan Pasca Terinfeksi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)