Selasa, 26 Jan 2021 09:07 WIB

Beda Gejala COVID-19 Pilek-Pusing Seperti yang Dialami Donna Agnesia

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Hadir di acara Panasonic Gobel Awards 2017 Dona Agnesia semringah banget. Di sesi foto ia juga terlihat mempesona. Donna Agnesia positif Corona. (Foto: Ismail)
Jakarta -

Donna Agnesia positif Corona, mengeluhkan gejala COVID-19 pilek hingga pusing. Kedua gejala ini tak hanya terjadi pada COVID-19, tetapi umum dikeluhkan sehari-hari karena penyakit lain.

"Setelah konsultasi dengan dokter gejala yang aku rasakan masih tergolong ringan, sedikit pilek dan pusing tapi enggak demam & saturasi bagus, hasil tes lab dan hasil rontgen paru juga bagus," tulis Donna dalam akun Instagram pribadinya, Senin (25/1/2021).

Seperti yang dikeluhkan Donna saat positif Corona, pilek bisa terjadi karena COVID-19. Namun, bagaimana membedakan kondisi ini terjadi karena flu biasa atau COVID-19?

Berikut perbedaannya, dikutip dari laman resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC).

- Tingkat keparahan gejala
- Flu pada COVID-19 diikuti gejala lain seperti hilangnya kemampuan indra penciuman dan perasa
- Flu biasa pulih dengan sendirinya selama 2 minggu
- Waspadai gejala COVID-19 berat yang bisa muncul seperti sesak napas hingga bibir kebiruan

CDC juga menyebut gejala COVID-19 seperti kebingungan dan rasa tertekan di dada bisa muncul pada pasien Corona usai mengeluhkan gejala ringan seperti flu. Bahkan, pasca sembuh, beberapa di antara mereka masih menghadapi ancaman komplikasi jantung, paru-paru, dan otak karena masalah pengentalan darah.

"COVID-19 juga bisa membutuhkan waktu lebih lama untuk mulai menunjukkan gejala. Orang yang sakit COVID-19 bisa menulari orang lain (infeksius) lebih lama daripada flu," kata CDC.

Begitu juga dengan gejala COVID-19 lain yang dikeluhkan Donna seperti pusing. Sebuah studi yang dimuat Ear, Nose, and Throat Journal, mempelajari 141 pasien Corona berkaitan dengan gejala COVID-19.

Dari 141 pasien, tiga di antaranya mengalami pusing sebagai gejala COVID-19 di awal terpapar, dan diikuti gejala pernapasan lainnya.

Bagaimana cara membedakan gejala COVID-19 karena pusing? Simak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Reaksi Kulit yang Bisa Terjadi Pada Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]