Selasa, 26 Jan 2021 17:54 WIB

COVID-19 RI Tembus 1 Juta Kasus, Ini Strategi Menkes Turunkan Penularan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Wamenkes Dante Saksono Harbuwono memimpin rapat koordinasi pimpinan di Kemenkes RI. Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto: Sehat Negeriku)
Jakarta -

Jumlah kasus COVID-19 di Indonesia telah mencapai angka satu juta. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin secara khusus menyampaikan sejumlah pesan untuk mengurangi laju penularan.

Pertama, Menkes mengingatkan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan. Termasuk di antaranya memakai masker, mencuci tangan, dan saling menjaga jarak.

Kedua, testing dan tracing perlu diperkuat. Testing dilakukan pada individu yang diduga tertular untuk mengidentifikasi kasus dan mengurangi laju penularan, sedangkan tracing dilakukan pada kontak erat dari pasien yang sudah positif COVID-19.

Terakhir, Menkes juga menyinggung soal isolasi yang nyaman. Ini untuk memastikan bahwa pasien yang positif bisa sembuh tanpa menulari orang lain.

"Tujuannya hanya satu, mengurangi laju penularan. Flattening the curve," kata Menkes Budi dalam siaran pers dari channel YouTube Sekretariat Kepresidenan, Selasa (26/1/2021).



Simak Video "Menkes Beberkan Alasan Vaksinasi Diminta Secepat-cepatnya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/kna)