Selasa, 26 Jan 2021 20:33 WIB

Cerita Penerima Dosis Vaksin Corona Kedua: Merasa Lebih 'Kebal' COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Female doctor holding a syringe Vaksin COVID-19 (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Warga panti jompo Madrid, Spanyol, mendapat suntikan kedua vaksin virus Corona pada hari Senin (25/1/2021) dan beberapa mulai merencanakan perjalanan pertama mereka ke luar dalam beberapa bulan.

"Saya merasa istimewa dan senang bisa menjalani kehidupan yang lebih normal dengan semua orang berkat pertahanan saya," kata Rosario Martin-Sanz, penerima vaksin yang berusia 99 tahun.

Diwartakan Reuters, Rosario adalah penghuni pertama panti jompo Ballesol Parque Almansa yang mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 keduanya seminggu yang lalu, sementara yang lain baru divaksinasi pada Senin (25/1/2021).

Warga lainnya, Maria Asuncion Ojeda, mengatakan dia terbangun dengan pikiran bahwa tujuh hari telah berlalu sejak dia menerima dosis kedua.

"Jadi sekarang saya kebal," ucapnya.

"Kami telah berada di sini di panti jompo ini sejak Maret, sembilan bulan tanpa pergi keluar," katanya, meskipun dia mengatakan tamasya pertamanya, jika diizinkan, bukan tanpa rasa takut dan dia akan tetap menerapkan aturan keselamatan.

Belum diketahui apakah vaksin bisa mencegah penularan. Orang yang telah divaksinasi kemungkinan masih bisa menyebarkan virus.

Penghuni dan staf panti jompo di Spanyol adalah yang kelompok pertama yang mendapat dosis vaksin saat program tersebut dimulai pada akhir Desember.



Simak Video "Vaksin COVID-19 Karya RI Pakai Sel Dendritik, Ini Cara Kerjanya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)