Rabu, 27 Jan 2021 15:40 WIB

Selain Virus Nipah, Ini Sederet Penyakit yang Dikhawatirkan Jadi Pandemi Baru

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Wabah Virus Nipah di India Virus Nipah dikhawatirkan akan menjadi pandemi baru oleh para ilmuwan. (Foto ilustrasi: DW (News))

2. Disease X

Para ilmuwan memperingatkan bahwa COVID-19 bukanlah pandemi terakhir yang akan dihadapi manusia. Menurut Dr Kenneth Iserson, profesor emeritus dari University of Arizona, ada berbagai penyakit menular yang berpotensi menjadi 'Disease X'.

Disease X sendiri merupakan istilah untuk penyakit menular yang belum diketahui manusia dan bisa menjadi ancaman serius jika menyebar ke seluruh dunia.

"Ada kemungkinan penyakit menular tak dikenal lainnya sudah bersirkulasi dan bisa memberikan implikasi dahsyat," kata Dr Iserson, dikutip dari The Straight Times.

Seperti yang terjadi pada seorang pasien wanita di Kongo, Afrika, beberapa waktu lalu. Wanita tersebut mengalami gejala demam berdarah, namun setelah diperiksa ia terkena penyakit yang belum diketahui sebelumnya.

Prof Jean-Jacques Muyembe Tamfum, ilmuwan yang membantu penemuan virus Ebola pada 1976 dan kini bekerja di INRB, mengingatkan bahwa akan ada banyak penyakit zoonosis yang menular dari hewan ke manusia, akan bermunculan.

"Dan itulah yang membentuk ancaman pada kemanusiaan," katanya, dikutip dari CNN.

Menurut epidemiolog Universitas Griffith, Australia, Dicky Budiman, saat ini ada 1,6 juga virus yang belum diketahui manusia. Dari jumlah tersebut, ada sekitar 827 ribu virus yang dinilai berpotensi menginfeksi manusia. Namun, hanya ada 263 virus yang benar-benar bisa menginfeksi manusia.

"Yang artinya baru sekitar kurang dari 1 persen dari 827 ribuan itu. Yang artinya 99 persen virus yang bisa menjadi ancaman pandemi itu belum kita ketahui. Luar biasa begitu besar ancaman pandemi yang disebabkan virus yang asal muasalnya dari hewan," jelas Dicky pada CNNIndonesia.com, Minggu (3/1/2021).

Oleh karena itu, kata Dicky, kesiapan global di bidang kesehatan harus selalu diperkuat untuk mengantisipasi ancaman penyakit yang berpotensi bisa menjadi pandemi.

"Era pandemi artinya ancaman pandemi akan lebih serius. Artinya sistem kesehatan kita harus lebih kuat," ucap Dicky.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Rencana WHO Bentuk Tim Khusus untuk Hadapi Pandemi Berikutnya"
[Gambas:Video 20detik]

(ryh/kna)