Rabu, 27 Jan 2021 22:36 WIB

4 Doa Meminta Kesembuhan Penyakit yang Diajarkan Rasulullah dan Al Quran

Puti Yasmin - detikHealth
Couple of glowing Moroccan ornamental lanterns on the table. Greeting card, invitation for Muslim holy month Ramadan Kareem, festive blue night background with glittering golden bokeh lights. Foto: Getty Images/iStockphoto/Tabitazn/4 Doa Meminta Kesembuhan Penyakit yang Diajarkan Rasulullah dan Al Quran
Jakarta -

Setiap manusia berisiko terserang penyakit, baik sakit ringan mau pun berat. Sebagai umat Islam, Allah SWT mengajarkan agar manusia membaca doa meminta kesembuhan penyakit.

Dalam Al Quran surat Yunus ayat 57, Allah SWT berfirman

Arab: يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاۤءَتْكُمْ مَّوْعِظَةٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَشِفَاۤءٌ لِّمَا فِى الصُّدُوْرِۙ وَهُدًى وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ

Latin: yā ayyuhan-nāsu qad jā`atkum mau'iẓatum mir rabbikum wa syifā`ul limā fiṣ-ṣudụri wa hudaw wa raḥmatul lil-mu`minīn

Artinya: Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur'an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.

Selain itu, Rasulullah SAW juga bersabda bahwa doa merupakan cara memperkuat usaha serta ikhtiar dalam melakukan sesuatu. Berdasarkan hadits riwayat Tirmidzi, Nabi Muhammad SAW bersabda,

"Doa itu mendatangkan manfaat atas sesuatu yang sudah atau yang belum diturunkan Allah. Tak ada yang dapat menolak qadha (ketetapan Ilahi), kecuali doa yang mustajab (terkabul)."

Doa meminta kesembuhan penyakit bisa dibaca untuk diri sendiri, orang tua, anak, atau pun orang lain. Maka dari itu, sahabat Hikmah jangan lupa untuk memohon pertolongan hanya kepada Allah SWT.

Bahkan, dalam buku 'Change Your Destiny' ada sebuah kisah dokter yang mengidap polio sejak kecil. Namun, dengan usahanya ia bisa mengubah takdirnya.

Dalam Islam, proses yang terjadi pada sang Dokter dikenal dengan nama takdir muallaq. Takdir tersebut dapat diubah dengan melibatkan usaha dari manusia.

Untuk itu, jangan lupa membaca 4 doa meminta kesembuhan dan kesabaran dengan membaca DI SINI.



Simak Video "Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di RSDC Wisma Atlet Capai 97%"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)